Jersey Tandang Timnas Indonesia dominan warna putih. (Foto: Instagram @PSSI)

Peluncuran Jersey Tandang Timnas Indonesia, Produk Lokal Mills

Timnas 27 July 2020 16:12 WIB

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi memperkenalkan jersey tandang Timnas Indonesia. Acara peluncuran dilakukan di Kantor Mills, kawasan Jakarta Barat, Senin 27 Juli 2020. Dihadiri oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Komite Eksekutif PSSI Endri Irawan, dan Haruna Soemitro, serta perwakilan Mills.

Mills merupakan produk asli Indonesia, dan dipilih sebagai apparel Timnas Indonesia mulai tahun ini. "Dengan adanya produk lokal Mills pasti membuka lapangan kerja dan menggerakkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), saya juga ingin produk anak negeri dikenal luas di luar negeri," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Jersey tandang yang dirilis merupakan perpaduan antara warna putih dan hijau. Pada bagian kerahnya, dipilih warna hijau, sementara bagian badan didominasi putih dengan tambahan logo Garuda dan lambang Mills pada bagian kiri dan kanan dada. Sedangkan bagian celana menggunakan warna hijau.

Filosofi Warna Jersey

Jersey tandang mengusung warna dasar putih yang melambangkan kesucian orang Indonesia. Di bagian tengah kostum tersebut terdapat garis hijau yang melambangkan kesuburan tanah Indonesia. Garis di tengah ini juga melambangkan Indonesia yang ada di garis khatulistiwa. Selain itu, di kostum tersebut juga memiliki lukisan tipis yang menggambarkan kepulauan di Tanah Air. Kita juga bisa melihat di logo burung Garuda di jersey dibuat timbul.

"Saya minta kepada Mills untuk memberikan yang terbaik untuk timnas ini karena akan dipakai untuk World Cup maupun kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti. Jika bagus akan terus lanjut kerja samanya," tegas Iriawan.

Sementara itu, jersey kandang (home) terbaru timnas Indonesia telah dirilis pada 17 April 2020. Jersey ini masih menggunakan warna dominan merah dengan lambang Burung Garuda di bagian dada sebelah kiri, dan logo Mills di bagian kanan. Ada sedikit sentuhan putih di bagian belakang kerah dan watermark sayap garuda di bagian depan yang dimaksudkan sebagai pelukan burung garuda. Di bagian dalam ada tulisan Bhinneka Tunggal Ika.

Dari segi fitur, jersey ini sudah dilengkapi dengan enam teknologi termutakhir, yakni anti ultra violet, anti bacterial, breathable, mouisture wicking, anti static, dan extra light.

Sementara itu, untuk soal harga, jersey timnas Indonesia ini dibanderol Rp 789.000 untuk versi player issue. Pembelian jersey timnas Indonesia bisa dilakukan melalui Official Garuda Store, dan beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Bli-bli.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 18:20 WIB

Wapres Bicara Soal K-Pop

Nasional

Wapres Ma'ruf Amin berharap K-Pop mendorong anak-anak muda Indonesia

20 Sep 2020 18:16 WIB

Satpol PP Pemkab Banyumas Dilarang Pakai Masker Scuba

Nasional

Dilarang pakai masker scuba di lingkungan Satpol PP Pemkab Banyumas.

20 Sep 2020 18:09 WIB

Mendikbud: Sejarah Adalah Tulang Punggung Identitas Bangsa

Nasional

Mendikbud pelajaran sejarah akan dihapuskan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...