Menteri BUMN menunjuk Ahmad Bambang sebagai Komisaris Utama baru PT Pelindo III. (Foto: Dok/Pelindo III)

Pelindo III Punya Komisaris Utama Baru

Perhubungan 20 September 2019 19:36 WIB
Pelindo Ngopibareng.id

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi menunjuk Ahmad Bambang sebagai Komisaris Utama BUMN PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III.

Posisi tersebut sempat kosong beberapa saat setelah komisaris utama sebelumnya Laksamana Madya TNI (Purn.) Hari Bowo habis masa jabatannya. Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan, dan Pariwisata (ELKP) Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, memberikan Surat Keputusan Menteri BUMN terkait penunjukkan tersebut ke Ahmad Bambang di sela Rapat Kerja Kementerian BUMN di Yogyakarta, Jumat, 20 September 2019.

Ahmad Bambang sudah banyak berkecimpung dalam pengelolaan BUMN di Indonesia. Pria yang akrab disapa Abe tersebut sudah berkarir di Pertamina sejak 1989. Di BUMN migas tersebut ia pernah menduduki berbagai jabatan strategis, termasuk di beberapa anak perusahaan Pertamina.

Bahkan terkahir Abe pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama Pertamina. Kemudian pada 2017 lalu, Abe dilantik oleh Menteri BUMN sebagai Deputi Bidang Usaha Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN.

Sementara itu, Hari Bowo selama menjabat sebagai Komisaris Utama Pelindo III telah membawa BUMN maritim tersebut untuk tidak hanya mengoperasikan pelabuhan untuk bisnis logistik, tetapi juga berperan untuk mengabdi pada masyarakat di pulau-pulau terdepan Indonesia.

Terbukti dalam beberapa tahun belakangan Pelindo III getol membangun sejumlah terminal penumpang yang representatif di pelabuhan-pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia. Selain itu dalam mengelola pelabuhannya, Pelindo III juga memiliki hubungan yang sangat baik dan bersatu dengan berbagai pemangku kepentingan maritim setempat.

Susunan Dewan Komisaris PT Pelabuhan Indonesia III (Persero):

1. Ahmad Bambang (Komisaris Utama)

2. Wahju Satrio Utomo

3. Zainal Abidin

4. Heddy Lugito

5. Dedi Syarif Usman

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Sep 2020 07:02 WIB

Perang Intel

Dahlan Iskan

Bagaimana Amerika mengawasi Tiongkok sampai ke bawah laut?

21 Sep 2020 06:58 WIB

Kurang Alim Bila Kiai Tak Bisa Guyon, Kata Gus Baha'

Humor Sufi

Sampaikan pesan Islam penuh bahagia dan rileks

21 Sep 2020 06:24 WIB

6 Rekomendasi Konbes, Ansor: Susun Ulang Prioritas Anggaran

Nasional

Ditutup Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...