Pelatihan teknisi Bank Mata CDC RS Mata Undaan. (Foto: Istimewa)
Pelatihan teknisi Bank Mata CDC RS Mata Undaan. (Foto: Istimewa)

Kembangkan Sayap, CDC RSMU Gelar Pelatihan Teknisi Bank Mata

Ngopibareng.id RS Mata Undaan 19 January 2021 15:40 WIB
RS Mata Undaan

Cornea Donation Center (CDC) Rumah Sakit (RS) Mata Undaan terus berupaya untuk melebarkan sayap, memperbanyak teknisi Bank Mata.

Untuk mewujudkan hal tersebut, CDC RS Mata Undaan melakukan pelatihan teknisi Bank Mata selama dua hari. Pelatihan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat ini dipandu oleh teknisi handal.

Soal penerapan protokol kesehatan saat pelatihan ini, bisa dilihat dari tempat duduk peserta yang dibuat berjarak. Selain itu, setiap peserta juga diwajibkan menggunakan masker. Ruangan ditata terbuka dan disediakan hand sanitizer di pintu masuk dan meja-meja yang ada di ruang aula. Jumlah peserta pun dibatasi maksimal hanya 16 orang.

Hari pertama, peserta mengikuti penyampaian seminar dari narasumber Bank Mata Indonesia melalui aplikasi Zoom Meeting. Di awal dan di akhir sesi ada pre-test dan post-test untuk menguji wawasan peserta.

Di hari kedua, peserta melakukan praktik langsung mengambil kornea (eksisi) menggunakan mata babi. Teknisi Bank Mata Indonesia dari Jakarta, yakni Eros Rosikin, SKM. MKM turut membimbing peserta melalui Zoom Meeting.

Awalnya, Eros menampilkan video tentang proses eksisi kornea, detail alat dan praktiknya. Setelah itu seluruh peserta mendapat giliran satu persatu untuk mencoba melakukan eksisi dan dilanjutkan dengan ujian praktik.

Ujian praktik eksisi kornea dibagi menjadi lima kelompok dan diuji langsung oleh lima instruktur dari RS Mata Undaan yang terdiri dari dua dokter mata dan tiga perawat. Mereka adalah dr. Dini Dharmawidiarini, Sp.M (K), dr. Nur Alim Basyir Hutasuhut, Sp.M, Ns. Fajar Santoso, S.Kep, Habibiy, S.Kep dan Ns. Nenny Nayulita, S.Kep.

Saat praktik, peserta pelatihan terus terhubung melalui Zoom Meeting dengan Eros untuk mendapatkan bimbingan. Salah satu panitia memegang kamera untuk mengunjungi masing-masing praktik dari lima kelompok dan berkomunikasi dengan Eros.

“Tempel di limbus tarik ke bawah, tempel di limbus tarik ke bawah. Ya, Dokter Togar hebat ini," ujar Eros membimbing dr. Togar Sitorus, salah satu peserta teknisi mata.

Setelah ujian praktik selesai, seluruh peserta  mendapatkan sertifikat dan nilai kelulusan dari serangkaian proses pelatihan yang telah diikuti.

Ke depannya, CDC RSMU akan melanjutkan mengadakan pelatihan teknisi bank mata untuk gelombang selanjutnya secara terbuka yang bisa diikuti tenaga medis yang berminat.

Penulis : Pita Sari

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 14:05 WIB

Ganjar Gowes sambil Pantau Penanganan Banjir di Semarang

Nusantara

Sejumlah titik-titik banjir di Semarang mulai surut.

28 Feb 2021 13:51 WIB

BNN: Jika Tak Punya Resep Dokter Millendaru bisa Dijerat Pidana

Nasional

Millendaru kembali berurusan dengan narkoba. Kali ini ia positif benzo.

28 Feb 2021 13:39 WIB

Tingkat Kesembuhan Covid-19 di RSLI Lebih Dari 90 Persen, Menkes

Surabaya

Tingkat Kesembuhan Covid-19 di RSLI Lebih Dari 90 Persen, Menkes Apresiasi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...