Pelatih Timnas Spanyol Minta RFEF Naturalisasi Ansu Fati

15 Sep 2019 13:07 Liga Spanyol

Pelatih Timnas Spanyol Robert Moreno merekomendasikan Ansu Fati kepada federasi sepak bola Spanyol (RFEF) agar menaturalisasi produk La Masia itu.

Dengan begitu, pemain berusia 16 tahun kelahiran Guinea Bissau itu bisa memperkuat Timnas Spanyol di masa yang akan datang.

Moreno terkesan dengan penampilan pemain belia ini saat melihat aksinya di laga Barcelona kontra Valencia. Ia menilai pemain yang beroperasi sebagai penyerang sayap itu memiliki kemampuan luar biasa dan layak masuk dalam skuatnya.

"Orang-orang dari federasi sepak bola Spanyol sedang mengusahakannya untuk membawa Ansu Fati dan kemudian itu akan menjadi keputusan pemain," kata Moreno kepada Movistar.

"Federasi bekerja untuk mendapatkan pemain terbaik."

"Itu adalah sukacita bagi Barcelona , karena dia adalah pemain yang datang melalui La Masia."

"Dia harus tenang dan kuharap dia tenang."

Langkah pertama untuk nasionalisasi Fati adalah menawarkan kewarganegaraan Spanyol kepada ayahnya, yang memenuhi persyaratan, karena ia telah tinggal dan bekerja di negara itu selama satu dekade terakhir.

Di pertandingan lawan Valencia, pelatih Ernesto Valverde menurunkan pemain muda itu untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Lionel Messi yang masih dalam proses penyembuhan cedera.

Fati sebetulnya bukan kali ini saja tampil impresif. Saat Barcelona menang dari Real Betis, ia tampil bagus. Namun penampilan terbaiknya terjadi ketika Blaugrana menang 5-2 atas Valencia, Minggu 15 September 2019 dini hari WIB.

Fati mencetak satu gol pembuka kemenangan Barcelona di laga itu, lantas memberikan assist untuk gol kedua. Dia juga hampir mencetak gol ketiga Barcelona, tapi membentur tiang.

Moreno adalah pelatih kedua yang terkagum-kagum oleh penampilan pemain muda Barcelona itu. Sebelumnya, pelatih Barca sendiri, Ernesto Valverde yang menyatakan bahwa Fati bermain jauh di atas level kebanyakan pemain di usianya.

 

Meski ia tahu Fati memiliki bakat istimewa sejak di Barcelona B, namun ia tetap saja terperangah melihat pemain ini dalam dua kali penampilannya bersama Barca, saat menang 5-2 atas Real Betis, dan sekarang lawan Valencia.