Pelaku Penembakan Bus Karyawan Freeport Dipimpin Joni Botak

14 Jan 2020 10:27 Timur Indonesia

Polisi memastikan penembakan yang menimpa bus pengangkut karyawan PT Freeport berasal dari kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) Papua wilayah Kali Kopi pimpinan Joni Botak.

"Kalau dilihat dari lokasi dan proses penyerangannya ini kemungkinan pelaku kelompok Kali Kopi yang dipimpin JB (Joni Botak)," kata Kepala Polres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, seperti dikutip dari Detik.com, Selasa, 14 Januari 2020.

Dari lokasi kejadian, polisi menemukan setidaknya enam selongsong peluru. Selain itu, sebanyak tiga belas peluru juga tertinggal di lokasi kejadian.

Menurut Era, peluru yang tertinggal kemungkinan merupakan peluru yang tidak cocok dengan senjata yang digunakan pelaku sehingga peluru tersebut ditinggalkan begitu saja.

Terkait kejadian ini, polisi juga langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku.

Kawasan di lokasi penembakan yang sempat ditutup saat ini sudah dibuka kembali.

Sekadar diketahui, penembakan terhadap bus yang ditumpangi karyawan PT Freeport terjadi pada Senin, 13 Januari 2020 kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Penembakan terjadi saat bus dengan nomor lambung 140419 itu melaju dari arah Tembagapura menuju Timika. Saat melaju di mile pos (MP) 53 sekitar pukul 08.40 WIT, bus tersebut tiba-tiba ditembaki dari sisi sebelah kanan oleh kelompok tidak dikenal.

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini