Spesialis Ranmor Rumah Kos Ditangkap

11 Feb 2019 19:50 Kriminalitas

Tim Anti Bandit Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya meringkus pelaku pencurian kendaraan bermotor. Tersangka bernama Khoirul Anam, 23 tahun, warga Tambak Wedi Surabaya.

Tersangka ditangkap Minggu, 8 Februari 2019 lalu, tak jauh dari kediamannya. Sayangnya dua kawanannya inisial HA dan JN kabur.

Komplotan Khoirul ini melakukan pencurian sudah belasan kali. Dalam setiap aksinya, pelaku ini menggunakan sepeda motor Honda Beat warna putih nopol L-6988-SX, milik tersangka untuk mencari sasaran.

HR, yang menjadi buron berperan sebagai joki. Mereka beroperasi dari rumah kos ke rumah kos mengintai kendaraan sepeda motor yang diparkir di depan rumah. Ketika melihat mangsa, pelaku langsung mendekat dan merusak kunci sepeda motor dengan menggunakan kunci T dan langsung membawa kabur.

Selanjutnya sepeda motor hasil curian tersebut lalu dijual kepada JN (belum tertangkap) seharga Rp3 juta setiap unitnya.

Kanit Resmob Satreskrim, Iptu Bima Sakti mengatakan, pelaku mengaku beberapa kali melakukan pencurian sepeda motor di antaranya, di wilayah Sukolilo delapan kali dengan hasil Honda Beat, Vario dan Scoopy.

Kemudian di wilayah Mulyorejo sebanyak empat kali dengan hasil Honda Beat, Vario. Di daerah Gubeng sebanyak tiga kali dengan hasil Honda Beat, Vario. Di wilayah Tambaksari sebanyak dua kali dengan hasil Honda Beat, dan Vario.

Di wilayah Kenjeran sebanyak empat kali dengan hasil Honda Beat, dan Vario. Di wilayah Simokerto sebanyak dua kali dengan hasil Honda Vario

"Terakhir, mereka beraksi di rumah kos Jalan Lebak Jaya 2A No.54 Surabaya. Uang hasil penjualan dibagi dua dan rata masing-masing pelaku," kata Bima, Senin 11 Februari 2019. Tersangka juga mengaku hasil penjualan sepeda motor digunakan untuk berfoya-foya.

Kata Bima, penangkapan pelaku ini berkat rekaman CCTV yang ada di rumah kos di Jalan Lebak Jaya Surabaya. Dari rekaman CCTV inilah akhirnya tersangka berhasil diringkus. 

Barang bukti yang disita, satu STNK sepeda motor Honda Beat putih Nopol L-6988-ZX, satu unit sepeda motor CBR Hitam Nopol L 6112 UB,  dan rekaman CCTV.

Tersangka tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. (ocn)

Penulis : Roesdan Suriansyah
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini