Suasana antrian kendaraan yang akan menyeberang ke Bali di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Sabtu 21 Desember 2019 dini hari. (Foto: Muh Hujaini/ngopibareng.id)

Pelabuhan Ketapang Mulai Dipadati Wisatawan Menuju Bali

Perhubungan 21 December 2019 14:20 WIB

Pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, sudah mulai dipadati kendaraan maupun penumpang yang hendak menyeberang ke Pulau Bali, Sabtu, 21 Desember 2019. Kepadatan didominasi mobil pribadi, bus pariwisata maupun truk-truk pengangkut sembako.

Mereka memilih berangkat lebih awal ke pulau Bali untuk menghindari kemacetan saat puncak libur Natal dan Tahun baru 2020.

Antrean kendaraan yang hendak menyeberang ke Pulau Bali ini berasal dari berbagai daerah di pulau Jawa. Umumnya kendaraan ini mengangkut sembako ataupun logistik ke pulau Bali. Kepadatan kendaraan ini sudah terpantau sejak Jumat, 20 Desember 2019 malam.

"Ini saya bersama teman-teman kantor. Memang sudah direncanakan untuk liburan di Bali. Rencananya Senin atau Selasa sudah pulang," kata Nurholis, 55 tahun, wisatawan asal Malang.

Para wisatawan dan pengemudi truk memang sengaja berangkat lebih awal atau sehari sebelum liburan Natal dan tahun baru. Sebab mereka tidak mau beresiko terjebak kemacetan saat memasuki puncak angkutan liburan Natal dan Tahun Baru. Apalagi tahun ini bersamaan dengan liburan sekolah.

"Kalau berangkat lebih awal, kendaraan tidak terlalu padat. Jadi perjalanan bisa lancar," ujar Agus, sopir asal Banyuwangi.

Data ASDP Ketapang hingga sejak Jumat, 20 Desember 2019 pagi sudah ada 30.634 orang yang menyeberang ke Bali. Angka ini naik 22 % dari tahun hari yang sama ditahun sebelumnya.

Untuk roda dua yang sebanyak 1.751 unit atau naik 5% dari periode yang sama dari tahun sebelumnya. Untuk roda 4 sebanyak 2.814 unit. Naik sebesar 25 persen dari tahun sebelumnya. Dan untuk kendaraan sebanyak 491 unit. Angka ini naik sebesar 45 % dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Apr 2020 18:55 WIB

Banyuwangi Batasi Jam Operasional Mal dan Pasar Modern

Pemerintahan

Jam operasional mal diatur demi menekan sebaran corona.

04 Apr 2020 17:48 WIB

Posko Mudik dan Pelayanan Covid-19 di Pelabuhan Ketapang

Jawa Timur

Posko mudik dan pelayanan Covid-19 didirikan di Pelabuhan Ketapang.

03 Apr 2020 20:28 WIB

Gandeng Warung Makan, Bagikan Nasi ke Warga Terdampak Covid-19

Jawa Timur

Bantuan pangan untuk warga terdampak corona atau Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.