Jamaah haji asal Kabupaten Pringsewu, Lampung, mengadakan upacara HUT ke-74 RI di Makkah. (Foto: nu-online)
Jamaah haji asal Kabupaten Pringsewu, Lampung, mengadakan upacara HUT ke-74 RI di Makkah. (Foto: nu-online)

Pekik Merdeka dan Takbir, Ini Tujuhbelasan Jemaah Haji di Makkah

Ngopibareng.id Reportase 17 August 2019 22:57 WIB

Kecintaan terhadap negerinya dilakukan jamaah haji asal Indonesia, dalam memperingati HUT Ke-74 Repulik Indonesia. Bertempat di lobi lantai 4 Hotel Al Zaer Mashaer, Raudhah, Makkah, Sabtu 17 Agustus 2019.

Mereka adalah seluruh jamaah haji Kabupaten Pringsewu, Lampung. Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, H Marwansyah.

Dengan berpakaian batik khas Pringsewu, ratusan jemaah nampak khidmat mengikuti upacara yang ditandai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan suara sirine sebagai tanda prosesi detik-detik proklamasi.

“Merdeka, Merdeka, Merdeka. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,” pekik Inspektur Upacara disambut para peserta upacara.

Walau banyak jemaah merupakan lansia di atas 70 tahun, namun semangat nasionalisme cinta Tanah Air tak pudar. Para jemaah dengan kompak dan semangat mengikuti seluruh rangkaian upacara.

“Mari teladani dan doakan para pejuang dan syuhada yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah,” ajak Marwansyah.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengajak seluruh jemaah untuk mendoakan agar Negara Kesatuan Republik Indonesia senantiasa menjadi negara yang aman dan sejahtera. Terkhusus ia mengajak jemaah untuk mendoakan Pringsewu menjadi daerah yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

“Semoga segala apa yang direncanakan dan diprogramkan Pemda Pringsewu dapat terealisasi dan mampu mewujudkan motto Pringsewu Bersenyum Manis (Bersih, Sehat, Ekonomis, Nyaman, Unggul, Maju, Mandiri, Aman, Agamis),” tambahnya.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di beberapa tempat oleh kelompok terbang (kloter) dan sektor di daerah kerja (Daker) Makkah. Dikutip dari NU Online, di Sektor 10 Makkah juga menggelar Gebyar Pitulasan HUT ke-74 RI.

Selain upacara bendera, acara bertajuk Ora Ngapak Ora Kepenak ini diwarnai lomba antarjemaah haji, kloter, sektor, pegawai hotel, dan maktab. Perlombaan meliputi makan kerupuk, balap karung, memasukkan paku ke botol dan sejenisnya.

Selain itu, doa bersama dan ziarah kebangsaan juga digelar. Sementara upacara dilaksanakan di halaman depan Hotel Kiswah Tower 1 Jawal Makkah.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Feb 2021 15:18 WIB

Perawat Diduga Pelecehan Seksual, PPNI Sedang Lakukan Klarifikasi

Surabaya

Dugaan Perawat Lakukan Pelecehan Seksual, PPNI Sedang Lakukan Klarifikasi

20 Feb 2021 08:04 WIB

Soal Bea Akomodasi Jemaah Haji, Indonesia Tak Punya Utang

Khazanah

Klarifikasi Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah

20 Feb 2021 07:03 WIB

14 Ribu Jemaah Haji Khusus Sasaran Prioritas Vaksinasi

Nasional

Didaftarkan dalam prioritas vaksinasi tahap kedua

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...