Pejabat tinggi Tahta Suci Vatikan mengaku dipaksa mundur. (Foto:BBC)
Pejabat tinggi Tahta Suci Vatikan mengaku dipaksa mundur. (Foto:BBC)

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Ngopibareng.id Internasional 26 September 2020 04:33 WIB

Pejabat tinggi Vatikan, Cardinal Giovanni Becciu mengajukan pensiun dini. Dalam kondisi yang jarang terjadi itu, ia mengaku dipaksa berhenti oleh Paus Francis. Giovanni dituduh memberikan uang gereja kepada saudara laki-lakinya.

Diketahui Cardinal Giovanni terlibat dalam perjanjian kontroversial yang melibatkan dana gereja dengan gedung mewah di London. Investasi itu kini menjadi subjek penyelidikan keuangan.

"Bapak Suci menerima pengajuan pensiun dini dari Cardinal Angelo Becciu," kata sebuah pernyataan.

Namun, melalui sebuah website Italia, Domani, Cardinal mengaku jika ia dipaksa pensiun lantaran diduga memberikan uang gereja kepada saudara laki-lakinya. "Saya tidak mencuri bahkan satu euro pun. Saya tidak berada di bawah investigasi, tapi jika merea mengirim saya ke persidangan, saya akan membela diri saya," katanya.

Diketahui Cardinal Giovanni Becciu telah mengabdi menjadi diplomat Vatikan selama empat periode jabatan terakhir. Sejak 2011 hingga 2018, ia memiliki kekuasaan untuk menangani Urusan Umum di Sekretariat Negara, ketika ia bertemu dengan Paus di keseharian.

Paus Francis sendiri yang mengangkatnya menjadi cardinal di tahun 2018, ketika ia menangani sebuah departemen.

"Saya berkata kepada Paus: Apa yang kamu lakukan kepada saya, di depan seluruh dunia? " katanya kepada media Italia, Domani, Jumat 25 September 2020 waktu setempat. "Bapak Suci menjelaskan jika saya telah membantu saudara laki-laki saya, dan bisnis mereka menggunakan uang Gereja..tapi saya yakin, tak ada tindakan kriminal," lanjutnya.

"Ini adalah cobaan bagi saya, keluarga, dan orang di negara saya. Saya menerimanya dengan kepatuhan dan cinta kepada gereja dan Paus," dikutip dari Domani.

Cardinal Giovanni Becciu akan tetap menyimpan gelarnya meski telah pensiun. Meski, ia tak bisa ikut memilih Paus berikutnya. Cardinal terakhir yang mengundurkan diri adalah warga Skotlandia, Keith O'Brien. Keith mundur setelah terlibat skandal seks di tahun 2013. Ia meninggal lima tahun kemudian.

Mengapa Mundur?

Pengunduran diri Cardinal Becciu diduga tak hanya berkaitan dengan investasi gedung mewah di London, namun juga tuduhan Paus tentang uang gereja yang diberikan kepada suadara laki-lakinya.

Sebuah perusahaan di Sardinia, yang dikelola saudara laki-lakiny, Tonino Becciu, menyediakan bantuan pada migran dan menurut cardinal, semua uang telah digunakan untuk kebutuhan itu. Dana lain digunakan untuk merenovasi gedung suci Holy See di Kuba.

Laporan Italia juga menyebut jika Paus tak senang dengan penggunaan dana Peter Pence untuk investasi lainnya.

Tahun lalu, majalah mingguan Italia, L'Espresso menerbitkan laporan dari Anti Korupsi Vatikan menuduh adanya investasi mencapai USD 725 juta. (Bbc)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Oct 2020 19:13 WIB

7 Bulan Tutup, Bioskop di Malang Berharap Dibuka Kembali

Jawa Timur

Bioskop di Malang berharap dibuka agar tidak ada karyawan PHK.

24 Oct 2020 18:58 WIB

Gubernur Khofifah: AMSI adalah Industri Masa Depan

Jawa Timur

Tema 'Konten Sehat, Media Kuat, Industri Hebat'.

24 Oct 2020 18:43 WIB

Selain Beasiswa Hingga Kuliah, MAJU Janji Sekolah Swasta Gratis

Pilkada

Selama ini bantuan pemerintah hanya fokus di sekolah negeri saja.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...