Proyek Jalan Tol milik Waskita Toll Road. (Foto: Dok Waskita)

Pefindo Pertahankan Peringkat idBBB+ Pada Waskita Toll Road

Waskita Untuk Bangsa 16 September 2019 17:22 WIB

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan kembali peringkat "idBBB+" kepada PT Waskita Toll Road (WSTR).

Peringkat tersebut juga diberikan untuk surat jangka menengah (medium term notes/MTN) berkelanjutan II Tahun 2018 senilai Rp 338,8 miliar dan MTN Tahun 2019 sebesar Rp 500 miliar.

Berdasarkan keterangan resmi Pefindo, kemarin, peringkat tersebut mencerminkan Waskita Toll Road sebagai entitas anak usaha dari PT Waskita Karya Persero Tbk (WSKT) yang memiliki struktur permodalan yang agresif dalam jangka pendek dan menengah, ketergantungan yang tinggi terhadap divestasi aset untuk mendukung pengembangan bisnis dan risiko bisnis terkait dengan pengembangan jalan tol baru.

Waskita Toll Road juga dinilai memiliki kemampuan yang memadai, dibandingkan obligor lainya untuk memenuhi komitmen keuangannya.

Selanjutnya peringkat tersebut dapat dinaikkan, jika perseroan melaksanakan divestasi beberapa ruas tol sesuai rencana untuk menjaga kesehatan arus kas untuk memperbaiki struktur permodalannya secara signifikan dan meningkatkan profitabilitasnya secara berkelanjutan.

Sebaliknya peringkat utang perseroan bisa diturunkan, apabila perusahaan gagal mendivestasikan asetnya sesuai rencana, diikuti oleh penarikan utang yang lebih tinggi dari yang direncanakan yang dapat melemahkan struktur permodalan dan proteksi arus kas.

Hingga akhir Juni 2019, Waskita Toll Road telah memegang konsesi atas 18 jalan tol. Perseroan juga sedang dalam proses menambah ruas Penajam-Balikpapan ke dalam portofolionya.

Perseroan mencatatkan 11 ruas tol miliknya telah beroperasi, tiga ruas diantaranya dikonsolidasikan ke dalam pendapatan WSTR pada semester I-2019, seperti Pemalang-Batang, Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, dan Bogor-Ciawi-Sukabumi. Per 30 Juni 2019, pemegang saham Perusahaan adalah WSKT (79,88%), PT Taspen (Persero) (9,07%), dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (11,05%).

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Jul 2020 18:36 WIB

Mantan Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani Jadi Tersangka

Korupsi

KPK menetapkan jadi tersangka bersama dua mantan petinggi PT Waskita Karya.

06 Jun 2020 12:23 WIB

Jubir Presiden Fadjroel Rachman Jadi Komisaris PT Waskita Karya

Nasional

Erick Thohir rombak Jajaran komisaris dan direksi PT Waskita Karya.

31 Jan 2020 16:55 WIB

Jembatani Pendidikan dengan Industri, Waskita Gandeng PNJ

Waskita Untuk Bangsa

Kerja sama ini meliputi bidang pendidikan, riset, dan CSR

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...