Tim BSPN PDI Perjuangan Kota Surabaya bersama Eri Cahyadi dan Armuji. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)
Tim BSPN PDI Perjuangan Kota Surabaya bersama Eri Cahyadi dan Armuji. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)

Lawan Gugatan MAJU, PDIP Surabaya Siapkan Tim Senyap

Ngopibareng.id Pilkada 21 December 2020 01:15 WIB

DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya menyiapkan tim senyap atau Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) untuk melawan gugatan Machfud Arifin-Mujiaman di Mahkamah Konstitusi (MK). Tim ini juga menjadi salah satu faktor pemenangan Eri Cahyadi dan Armudji di Pilkada Surabaya 2020.

Ketua BSPN PDIP Kota Surabaya, Purwadi mengatakan timnya tidak bekerja sendiri, tetapi didukung struktur partai. "Dan yang kami lakukan ini memang sudah sesuai standar yang sudah diatur di dalam peraturan partai," kata Purwadi.

Dia menjelaskan, timnya menginventarisir permasalahan perolehan suara paslon serta semua persoalan di seluruh masing-masing TPS. "Jadi misalnya surat suara, pengunaan hak pilih, dan itu yang kami bawa dalam rekapitulasi di KPU dan perbaikan-perbaikan di tingkat masing-masing. Mendeteksi setiap kejanggalan di masing-masing TPS," ucapnya.

Menurutnya, kejanggalan di masing-masing TPS itu sudah disampaikan dalam rapat pleno KPU dari tingkat kecamatan untuk melakukan perbaikan di tingkat administrasi.

"Misalnya penggunaan hak pilih yang tidak sesuai dengan daftar hadir, lalu diganti. Kemudian penguna hak pilih laki-laki dan perempuan sampai tingkat partisipasi pemilih itu sesuai atau tidak, atau wajar atau tidak di masing-masing TPS. Itu lah data-data kita," ujarnya.

Purwadi menegaskan, data-data ini penting jika sampai terjadi gugatan di MK. "Kami cukup menyiapkan data hingga persoalan yang dituduhkan kepada kami terkait masalah ASN dan yang lainnya serta berkoordinasi dengan badan hukum PDIP untuk melawan gugatan ke MK," jelasnya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 00:36 WIB

Gisel Absen Wajib Lapor, Isolasi Mandiri Covid-19

Gosip Artis

Gisel sempat kontak dengan pasien positif Covid-19.

22 Jan 2021 00:20 WIB

Dana Pensiun Donal Trump Ditaksir Rp3,1 M per Tahun

Internasional

Donald Trump mendapatkan dana pensiun plus sewa gedung miliknya.

21 Jan 2021 23:59 WIB

Melania Trump Tinggalkan Gedung Putih Jinjing Tas Rp 701,3 juta

Ngopitainment

Busana dan tas mewah koleksi Melania Trump.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...