Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Timur, Kusnadi. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

PDIP Buru 13 Kemenangan di Jatim, Surabaya?

Pilkada 17 July 2020 18:38 WIB

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, secara khusus memasang target besar pada Jawa Timur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP, Kusnadi menyampaikan, Jawa Timur diminta dapat memenangkan Pilkada di 13 dari 19 daerah yang masuk dalam Pilkada serentak.

"Suatu saat saya bersama beberapa pengurus menghadap kepada Ketua Umum Pusat PDIP, Ibu Megawati, pada saat menghadapi itu ada amanah yang disampaikan langsung oleh beliau dan pada waktu itu kami tidak bisa menawar.

Dengan berbagai pertimbangan dan kalkulasi politik Ibu Ketum dan Sekjen bahwa Pilkada serentak 2020 yang akan dilaksanakan di Jatim dengan diikuti 19 kabupaten/kota se-Jatim, maka ada amanah dari ibu ketum PDIP bahwa Jatim harus memenangkan 13," ungkap Kusnadi, usai kegiatan pengumuman rekomendasi serentak gelombang kedua di Kantor DPD PDIP Jatim, Surabaya, Jumat 17 Juli.

Hanya saja, Kusnadi tak menyampaikan secara rinci terkait daerah-daerah yang ditargetkan harus menang. Sebab, tim masih akan melihat banyak faktor yang betul-betul dapat meyakinkan akan bisa menang.

Saat disinggung terkait Surabaya, Kusnadi pun masih menjawab dengan sama yakni melihat peluang yang ada. Meskipun, selama ini Surabaya menjadi basis Banteng Moncong Putih ini yang selalu mampu memenangkan setiap calon yang diusung.

"Semua daerah kita evaluasi, kita verifikasi, darimana saja daerah yang bisa kita memenangkannya. Ada beberapa tolok ukur seperti soliditas partai di daerah, faktor individu, faktor incumbent maupun tidak," ujar Kusnadi.

Sementara itu, dalam pengumuman rekomendasi hari ini DPP PDI Perjuangan telah mengumumkan enam pasang bakal pasangan calon kepala daerah. Di antaranya Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Kediri.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Aug 2020 17:09 WIB

Update Corona Indonesia: Tambah 1.679 Total 113.134 Kasus Positif

Nasional

Kasus positif corona di Indonesia bertambah 1.679 orang.

03 Aug 2020 16:56 WIB

Unggah Foto Seperti Beyonce, Warganet: Adele Kamu Juga Ratu

Musik

Penyanyi Adele meniru penyanyi idolanya dengan unggah foto seperti Beyonce.

03 Aug 2020 16:45 WIB

Viral, Pria Belai Kaki Cewek Saat Lampu Merah

Hiburan

seorang pria grepe kaki perempuan yang diboncengnya

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...