Ketua Bidang Hukum PBNU, Robikin Emhas meminta polisi menindak tegas napi teroris pelaku kerusuhan Rutan Mako Brimob dan pembunuh lima anggota polisi dengan cara sadis.
Ketua Bidang Hukum PBNU, Robikin Emhas meminta polisi menindak tegas napi teroris pelaku kerusuhan Rutan Mako Brimob dan pembunuh lima anggota polisi dengan cara sadis.

PBNU Minta Napi Teroris Pelaku Pembunuh Polisi di Mako Brimob Ditindak Tegas

Ngopibareng.id Nasional 11 May 2018 19:30 WIB

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai para narapidana terorisme pelaku kerusuhan dan pembunuhan anggota polisi di Rumah Tahanan Markas Komando Brimob tak cukup hanya dipindahkan ke Nusakambangan.

"Lakukan penegakan hukum terhadap para pelaku. Tidak boleh sekadar dipindahkan ke Lapas Nusakambangan," kata Ketua Bidang Hukum PBNU Robikin Emhas di Jakarta, Jumat, 11 Mei 2018.

Menurut Robikin, yang dilakukan para napiter itu tindakan kejahatan baru, di luar tindakan melanggar hukum yang menyebabkan mereka mendekam di Rutan Mako Brimob, sehingga tak boleh dibiarkan begitu saja.

Apabila tindakan kejahatan itu tidak ditindak secara hukum maka akan menjadi preseden buruk yang bukan tidak mungkin akan ditiru oleh napi lain di tempat lain, tambah praktisi hukum itu.

Ia mengatakan PBNU mendukung penuh pemerintah, khususnya otoritas pemberantasan terorisme dan penegak hukum agar dapat melindungi segenap warga negara Indonesia dari ancaman terorisme, dan mengajak semua pihak bersikap sama.

"Kami mengapresiasi Polri, baik karena pendekatan penanganan situasi maupun keberhasilannya memulihkan keadaan dan mengucapkan belasungkawa mendalam kepada korban yang gugur," kata Robikin.

Pada bagian lain, Robikin mengatakan Islam moderat dan toleran harus makin diarusutamakan untuk membendung berkembangnya paham radikal teroris. "Tidak ada toleransi terhadap tindakan teror," kata Robikin tegas. (ant/wit)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Jan 2021 16:55 WIB

Profil Kapolri Listyo Sigit

Nasional

DPR setuju Komjen Listyo Sigit Prabowo jadi Kapolri.

21 Jan 2021 16:15 WIB

DPR RI Setuju Listyo Sigit Jadi Kapolri

Nasional

Listyo Sigit menggantikan Idham Azis menjadi Kapolri.

21 Jan 2021 09:34 WIB

DPR Gelar Paripurna Ambil Keputusan Soal Calon Kapolri

Nasional

Pengambilan keputusan tingkat II.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...