Bangkai Paus di Pantai Desa Durung, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, beberapa waktu lalu. (Foto: Antara)

Paus Sepanjang Tujuh Meter Ditemukan Mati di Aceh Singkil

Nasional 20 February 2018 06:35 WIB

Seekor ikan paus berukuran panjang sekitar tujuh meter ditemukan mati mengapung di perairan Pulau Asok, Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Senin siang.

"Yang pertama menemukan bangkai ikan paus itu mati mengapung adalah nelayan Haloban dan sempat membuat warga heboh," kata Kepala Resort Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pulau Banyak, Kiwon, di Singkil.

Kronologis peristiwa itu, pada Senin siang sekira pukul 13.20 WIB, BKSDA Pulau Banyak menerima informasi adanya penemuan bangkai paus berasal dari nelayan Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Selanjutnya pihak BKSDA langsung melaporkan hal itu kepada Danpos TNI AL Pulau Banyak Letda Wiwin Yuliato dan membentuk tim, sehingga pada pukul 14.50 WIB tim gabungan menuju Pulau Asok menggunakan speedboat.

Tim terdiri dari Komandan Pos AL Letda Laut (T) Wiwin Yulianto, personel Posal Sertu Marinir Choirul, personel Koramil 01 Pulau Banyak Pelda Asep Zemi, dan pihak BKSDA langsung menuju lokasi bangkai ikan paus yang mengapung itu.

"Pada pukul 15.15 WIB kami sampai di lokasi dan menemukan bangkai ikan paus berukuran tujuh meter yang mengapung di air laut dalam keadaan membusuk. Diperkirakan matinya ikan paus ini sudah dua minggu yang lalu," ujarnya.

Tim gabungan dan masyarakat berupaya menarik bangkai ikan raksasa itu ke daratan, selanjutnya dimusyawarahkan dengan masyarakat sekitar untuk rencana lokasi penguburan bangkai paus itu di wilayah setempat.

Kiwon menyampaikan, setelah tim gabungan kembali bergerak menuju Pulau Banyak, kegiatan mengamankan hewan laut yang mati, berjalan dengan lancar dan aman, selanjutnya disampaikan laporan kepada pimpinannya. (ant)

 

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Apr 2020 06:08 WIB

Dokter Tuhan, Heboh Surat Mati Tak di Tangan-Nya

Dahlan Iskan

Sikap meremehkan Donald Trump soal COVID-19 memunculkan surat menghebohkan.

01 Apr 2020 04:17 WIB

Korban Pandemi Covid-19 Muslim Mati Syahid, Ini Penjelasan PBNU

Islam Sehari-hari

KH Afifuddin Muhajir, Perumus LBM PBNU

30 Mar 2020 07:52 WIB

Intervensi Tugas Profesional, Tanda Kematian Hati

Islam Sehari-hari

Kritin bagi yang mudah memberi komentar soal Virus Corona

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.