Ikan hiu ditemukan terdampar di Pantai Parangkusumo Bantul DIY, Senin (27/8). Foto : tribunews.com

Paus Seberat 1 Ton Terdampar di Parangkusumo Yogyakarta

Nasional 27 August 2018 14:21 WIB

Seekor ikan hiu paus besar seberat lebih dari satu ton ditemukan nelayan terdampar di Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Meski dalam keadaan mati, namun hiu jumbo ini ditemukan dalam keadaan masih segar alias belum mengeluarkan bau busuk.

Komandan SAR Pantai Parangtritis, Ali Joko Sutanto, Senin 27 Agustus 2018 mengatakan, ikan yang oleh warga setempat akrab disebut ikan geger lintang ini terdampar sekitar pukul 04.30 WIB, pada Minggu 26 Agustus 2018, kemarin.

Awalnya, ikan yang mampu bertahan hidup hingga usia 70 tahun ini terombang-ambing di lautan sebelum akhirnya terdampar di tepian pantai.

Rencananya ikan pemakan plangkton yang sudah mati ini akan didorong kembali ke tengah laut. Namun hingga saat ini gelombang tinggi masih menjadi kendala.

"Jika memang tidak bisa didorong ke laut, nanti akan kita kubur saja, namun butuh alat berat untuk menggali kuburan ikan dengan ukuran yang sangat besar tersebut," katanya. (man)

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Nov 2018 08:12 WIB

Bangkai 11 Hiu Ditemukan Terapung di Rakit Raja Ampat

Nasional

Hiu ditemukan dalam keadaan tanpa kulit.

28 Aug 2018 12:19 WIB

Viral, Tiga Polisi Berjoget Riang di Atas Bangkai Hiu Paus

Nasional

Provos Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta periksa tiga anggotanya yang berfoto tak pantas yang kini viral di media sosial.

27 Aug 2018 13:36 WIB

Hiu Terdampar, Petugas Kerahkan Tiga "Jeep" untuk Tarik

Nasional

Jeep tersebut tidak mampu menderek ikan dengan berat diperkirakan lebih dari satu ton tersebut, bahkan tali tambang yang digunakan menarik ikan sempat putus.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.