Warga dengan masker pelindung berjalan di St. Peter's Square saat Paus Francis melakukan doa Angelus yang dilakukan setiap minggu melalui video, akibat kekhawatiran virus korona baru, di Vatikan, Minggu 8 Maret 2020. (Foto: Antara/Reuters/Remo Casilli)

Paus Fransiskus Negatif Virus Corona

Internasional 29 March 2020 12:56 WIB

Vatikan menyatakan bahwa hasil tes medis menunjukkan Paus Fransiskus (83) serta ajudan-ajudan terdekatnya tidak terpapar virus corona. Pernyataan ini dikeluarkan pada pada Sabtu 28 Maret 2020 kemarin.

Sebanyak 170 orang menjalani tes di seluruh Vatikan, dengan enam orang dinyatakan positif COVID-19, termasuk satu orang warga Santa Marta, gedung tempat tinggal yang juga ditempati oleh Paus, kata juru bicara Matteo Bruni.

"Saya bisa mengonfirmasi bahwa Bapa Suci maupun ajudan dekat tidak termasuk dari mereka (yang terpapar tersebut)," kata Bruni.

Ini merupakan pengumuman resmi pertama mengenai status kesehatan pimpinan Gereja Katolik tersebut sejak krisis COVID-19 terjadi di wilayah Italia kurang lebih mulai lima pekan lalu.

Lebih lanjut disebutkan bahwa Paus berada dalam kondisi sehat, namun ada bagian paru-parunya yang diangkat karena suatu penyakit ketika dia muda.

Sejak corona merebak, Paus membatalkan kehadirannya di publik, dan memilih melangsungkan pertemuan rutin melalui televisi atau video internet. Namun ia masih menerima sekitar lima orang pejabat Vatikan setiap hari.

Sementara itu, satu orang warga Santa Marta yang terpapar corona adalah pegawai Sekretariat Negara, dan saat ini tengah mendapat perawatan di rumah sakit di Roma.

Santa Marta sendiri berbentuk semacam gedung hotel yang mempunyai 130 ruangan kamar dengan pegawai sebanyak 30 orang. Gedung itu digunakan sebagai rumah singgah bagi para pastor yang melayani Gereja.

Disinfeksi sudah dilakukan pada gedung yang selama beberapa pekan terakhir tidak lagi menerima tamu tersebut.

Satu orang lainnya yang terjangkit virus itu disebut sempat melakukan kontak dengan Paus, namun dia tidak tinggal di wilayah Gereja seperti dikutip dari Antara.

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Sep 2020 09:12 WIB

Debat Capres AS: Joe Biden Sebut Donald Trump Pembohong

Internasional

Joe Biden sebut Donald Trump pembohong dan menyuruhnya diam.

30 Sep 2020 08:26 WIB

Debat Capres Amerika Serikat, Donald Trump Vs Joe Biden

Internasional

Debat capres Amerika Serikat pertama digelar Rabu pagi WIB.

30 Sep 2020 08:13 WIB

Anak Ayu Azhari Dituntut 1 Tahun Penjara Kasus Jual Beli Senpi

Hukum

Anak Ayu Azhari tersangkut kasus jual beli senpi ilegal.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...