Paus Fransiskus ingatkan agar vaksin covid-19 bisa diakses oleh seluruh pasien di dunia. (Ilustrasi/Ngopibareng.id)

Paus Fransiskus Beri Peringatan Soal Vaksin Covid-19

Internasional 03 May 2020 18:55 WIB

Paus Fransiskus menyerukan pada seluruh ilmuwan di dunia yang sedang berlomba untuk segera menemukan vaksin covid-19, agar saling bekerjasama dan membuat vaksin yang sukses tersedia untuk seluruh dunia.

Pada ibadah Minggu di tengah lockdown yang berlangsung di Italia, Paus mengucapkan terima kasih pada seluruh tenaga kesehatan yang menyediakan layanan sangat penting di tengah pandemi.

Ia mendorong kerja sama internasional dalam mengatasi krisis dan melawan virus yang telah menginfeksi lebih dari 3,5 juta orang dan menewaskan lebih dari 240 ribu pasien di seluruh dunia.

"Penting untuk menyatukan seluruh kemampuan ilmuwan, secara transparan dan imparsial, untuk menemukan vaksin dan pengobatan," katanya.

Paus juga menyerukan pentingnya "jaminan universal pada teknologi yang penting agar seluruh pasien terinfeksi di dunia mendapatkan akses yang sama pada pelayanan medis yang memadai,".

Sebelumnya, seluruh pemimpin dunia berjanji pada April untuk meningkatkan upaya dalam menemukan vaksin dan obat, dan membaginya kepada dunia. Pertemuan yang diinisiasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) itu tidak dihadiri oleh Ameika Serikat.

Dialihbahasakan dari Reuters, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan jika WHO lambat dalam bereaksi atas wabah covid-19 dan menyebut WHO dengan "China-sentris", serta membatalkan kontribusi tahunan AS pada WHO.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 11:18 WIB

Gwyneth Paltrow Pose Telanjang

Gosip Artis

Gwyneth Paltrow merayakan ulang tahun dengan pose telanjang.

29 Sep 2020 11:06 WIB

Perkenalkan Sejarah Muhammadiyah, Begini Alasan Siti Noorjannah

Khazanah

Jalan menjadi generasi terbaik dengan berakhlak mulia

29 Sep 2020 10:54 WIB

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka? Ini Penjelasannya

Nasional

Apakah pemerintah akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11? 

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...