Patung lilin Pangeran Harry dan Meghan Markle dikeluarkan dari figur keluarga Kerajaan Inggris di Museum Madame Tussauds London. (Foto: Twitter @MadameTussauds)

Patung Lilin Harry-Meghan Markle Dipisah dari Ratu Elizabeth II

Internasional 11 January 2020 05:45 WIB

Museum lilin Madame Tussauds London bergerak cepat ketika Duke dan Duchess of Sussex, Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle memutuskan untuk mundur dari tugas-tugas senior kerajaan Inggris.

Museum lilin tersohor itu telah memutuskan untuk memindahkan sosok Harry dan Meghan Markle dari tampilan keluarga Kerajaan Inggris.

Pemindahan ini berarti patung lilin keduanya tak lagi berdiri di sebelah figur Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip serta Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton.

"Kita harus menghormati keinginan mereka #Megxit. Di samping seluruh isu dunia, kami bereaksi terhadap berita mengejutkan bahwa Duke dan Duchess of Sussex akan mundur sebagai bangsawan senior," kata Steve Davies, General Manager di Madame Tussauds London, dikutip dari CBS News.

Patung lilin Harry pertama kali diluncurkan pada 2014 untuk menandai ulang tahunnya yang ke-30, sementara sosok Meghan ditambahkan ke koleksi pada 2018, tahun pernikahan kerajaan. Pasangan ini mengenakan pakaian replika dari pengumuman pertunangan mereka.

Pengerjaan patung lilin Meghan Markle dilakukan tahun lalu di lokasi Madame Tussauds London dan New York bertepatan dengan pernikahan Kerajaan dengan pengerjaan setiap patung berharga sekitar 150.000 poundsterling atau Rp2,7 miliar.

Sementara Madame Tussauds di New York City akan memindahkan patung lilin pasangan itu ke area lain.

Pengumuman perpisahan Meghan Markle dan Pangeran Harry dari tugas kerajaan mereka telah mendominasi surat kabar di Inggris sejak mereka berbagi keputusan pada hari Rabu. Tabloid di sana telah menciptakan istilah "Megxit", diambil dari istilah Brexit, untuk menggambarkan keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle menjauh dari peran mereka sebagai anggota senior keluarga kerajaan Inggris.

Pensiun dari keluarga kerajaan tentu akan mempengaruhi keuangan Harry dan Meghan Markle. Setiap tahun, sang Ratu mendapat upah "Sovereign Grant" yaitu mekanisme pendanaan bagi keluarga kerajaan sebesar 82 juta pound sterling atau sekitar Rp1,4 triliun dari pajak rakyat.

Dari dana tersebut, Ratu Elizabeth II mengalokasikan 5 juta pound sterling untuk Harry dan kakaknya, Pangeran William.

Belum diketahui pasti seberapa besar pembagiannya. Namun menurut Daily Mail, William diyakini mendapat jatah yang lebih besar. Dengan begitu, dana untuk Harry kurang-lebih sebesar 2 juta pound sterling atau sekitar Rp36 miliar.

Sumber dana untuk Harry juga datang dari ayahnya. Pangeran Charles diketahui memiliki aset 'Duchy of Cornwall' senilai 1,2 miliar pound sterling. Tahun lalu, Pangeran Charles memberikan 4,9 juta pound sterling untuk kedua anaknya dari dana tersebut.

Harry sendiri pernah tergabung di Kemiliteran Inggris selama 10 tahun sebelum menikah. Ia sempat bertugas di Afghanistan dan mendapat jabatan sebagai Kapten.

Pada 2011 lalu, Harry dilaporkan menerima gaji sekitar Rp693 jutaan setahun. Ia juga diketahui mendapatkan warisan dari mendiang ibunya, Putri Diana. Menurut Forbes, Harry mendapatkan 10 juta dolar atau sekitar Rp138 miliar dari warisan itu.

Selain itu, Meghan Markle yang dulunya seorang aktris memiliki kekayaan tersendiri. Kalau ditotal, nilainya mencapai 34 juta pound sterling atau Rp617 miliar.

Dana tersebut tentu bisa menjadi pegangan mereka selepas keluar dari keanggotaan keluarga Kerajaan Inggris.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jun 2020 15:40 WIB

Viral Ajakan Tolak Rapid Test Massal, Ini Jawaban Dokter

Kesehatan

Idealnya satu pasien memang pakai satu APD.

03 Jun 2020 15:13 WIB

Inilah 12 BUMN yang Digerojok Dana Rp 52,57 Triliun

Ekonomi dan Bisnis

Pemerintah gerojok dana Rp 52,57 triliun kepada 12 BUMN.

03 Jun 2020 15:03 WIB

Wakil Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Jalani Isolasi Mandiri

Surabaya

Menjadi 'korban' anak buahnya sendiri.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...