Pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 H di Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

Patuhi Protokol Kesehatan, Ponpes Tebuireng Pisah Lokasi Jamaah

Khazanah 31 July 2020 11:04 WIB

Penyelenggaraan Salat Idul Adha di Pesantren Tebuireng Jombang tahun ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan, lokasi salat antara santri dan masyarakat sekitar juga dibedakan.

"Masjid utama Pesantren Tebuireng kami khususkan untuk santri dan pengurus. Sedangkan masyarakat sekitar kami siapkan lokasi salat di Masjid Ulul Albab, yang berada di samping Pondok Putri," kata Juru Bicara Gugus Tugas Pesantren Tangguh Tebuireng Nur Hidayat, Jumat 31 Juli 2020 pagi.

Hidayat menambahkan, pembagian lokasi jamaah ini juga berlaku untuk pelaksanaan salat Jumat.

"Kebijakan tersebut berlaku mulai salat Jumat hari ini hingga ada pemberitahuan lebih lanjut," tuturnya.

Pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 H di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur Foto IstimewaPelaksanaan Salat Idul Adha 1441 H di Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)
Jamaah Muslimah pada pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 H di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur Foto IstimewaJamaah Muslimah pada pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 H di Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

Kebijakan ini diambil, kata Hidayat, seiring dengan mulai kembalinya santri dan akan segera dimulainya aktivitas pembelajaran di pesantren.

"Kami ingin memastikan, seluruh jamaah salat bisa menjaga jarak fisik yang aman sesuai protokol kesehatan," tegasnya.

Meskipun dipisahkan dengan santri, masyarakat yang melaksanakan salat Id dan salat Jumat di Masjid Ulul Albab juga tetap diwajibkan memenuhi protokol kesehatan.

Selain Masjid Ulul Albab, santri putri Tebuireng juga menyelenggarakan salat Id di lokasi terpisah. Mereka menggelar salat Id di kompleks Pondok Putri Tebuireng dengan imam dan khatib perempuan.

Masjid Ulul Albab Tebuireng dibangun di era kepemimpinan KH Yusuf Hasyim. Masjid ini merupakan hadiah dari Presiden Ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie saat Pesantren Tebuireng merayakan Satu Abad Pesantren Tebuireng pada 1999. Sebelum pandemi, masjid tersebut tidak difungsikan sebagai lokasi salat Jumat.

Jamaah Muslimah pada pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 H di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur Foto IstimewaJamaah Muslimah pada pelaksanaan Salat Idul Adha 1441 H di Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

09 Aug 2020 12:12 WIB

Covid Sudah Membunuh Lebih 100.000 Warga Brazil

Internasional

Akibat Presiden Jair Bolsonaro meremehkan pandemi ini.

09 Aug 2020 12:03 WIB

Manajer Juventus Dipecat, Ronaldo Gak akan Pindah ke Klub Lain

Liga Italy

Meskipun Juve tersingkir dari Liga Champions

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...