Pasangan Eri-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman menunjukkan hasil undian nomor urut di rapat pleno terbuka KPU Surabaya, Kamis, 24 September 2020. (Foto Alief Sambogo/Ngopibareng.id)
Pasangan Eri-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman menunjukkan hasil undian nomor urut di rapat pleno terbuka KPU Surabaya, Kamis, 24 September 2020. (Foto Alief Sambogo/Ngopibareng.id)

Paslon Eri-Armuji Nomor 1, Machfud-Mujiaman Nomor 2

Ngopibareng.id Pilkada 24 September 2020 13:55 WIB

Sidang pleno terbuka KPU Surabaya dengan agenda pengundian nomor urut paslon kepala daerah telah berakhir. Pasangan calon Eri Cahyadi-Armuji mendapat nomor urut 1 dan pasangan calon Machfud Arifin-Mujiaman mendapat nomor urut 2.

Mekanisme pengundian nomor urut paslon telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PKPU 6/2020 tentang Pilkada Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non-alam Covid-19.

Sebelum dimulai undian, KPU terlebih dulu memeriksa kotak undian. Pemeriksaan dilakukan untuk membuktikan rapat pleno benar-benar transparan.

Setelah pemeriksaan kotak undian, pasangan calon Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman baru disilakan untuk mengambil undian.

Pasangan calon Eri Cahyadi-Armuji mendapatkan nomor urut 1. Sementara itu, untuk pasangan calon Machfud Arifin-Mujiaman, mendapatkan nomor urut 2.

Hasil pengundian nomor urut langsung ditetapkan pula dalam rapat pleno terbuka. Setelah pelaksanaan rapat pleno ini, nomor urut tersebut langsung bisa digunakan oleh kedua paslon saat melakukan kampanye.

Diketahui, pasangan Machfud Arifin-Mujiaman diusung oleh delapan partai. Masing-masing adalah PKB, Golkar, PKS, Gerindra, Nasdem, Demokrat, PAN dan PPP.

Sedangkan pasangan Eri Cahyadi-Armuji diusung oleh dua partai. Keduanya adalah PDIP, PSI, dan 6 partai non parlemen yaitu Partai Bulan Bintang, Partai Hanura, Partai Berkarya, Partai Perindo, PKPI, dan Partai Garuda.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 03:08 WIB

Saat Peradaban Barat Mundur, Tak Otomatis Islam Jadi Alternatif

Khazanah

Prof Azyumardi Azra tentang perdamaian dunia

22 Jan 2021 02:38 WIB

Yudi Latif: Muhammadiyah, Bentuk Terbaik Politik Identitas

Khazanah

Di tengah politik identitas menjadi masalah sekarang

22 Jan 2021 00:56 WIB

Usai Copot Hijab, Selebgram Rachel Vennya akan Cerai?

Gosip Artis

Selebgram Rachel Vennya mengunggah postingan soal cerai.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...