Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono (foto: Hujaini/ngopibareng.id)
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono (foto: Hujaini/ngopibareng.id)

Pasien Positif Covid-19 Banyuwangi Bertambah Satu Orang

Ngopibareng.id Jawa Timur 26 April 2020 08:43 WIB

Satu lagi warga Banyuwangi dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19. Penambahan satu orang ini membuat jumlah total pasien Positif covid-19 di Banyuwangi menjadi empat orang. Dengan rincian, satu orang dinyatakan sembuh, satu meninggal dunia dan dua lainnya dalam perawatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, menyatakan, pasien terkonfirmasi nomor empat tersebut adalah warga dari wilayah Kecamatan Singojuruh, berusia 82 tahun.

Menurutnya, pasien ini merupakan pasien salah satu dokter di rumah sakit di Surabaya. Dia mengalami gangguan saluran kencing. Pada 16 April 2020, pasien tersebut memeriksakan diri ke salah satu dokter di Banyuwangi.

Pria yang akrab dipanggil dr.Rio ini menambahkan, yang bersangkutan kemudian memutuskan untuk langsung kontrol ke dokternya di Surabaya. Karena dia khawatir ada gangguan yang lebih parah. Dengan pertimbangan dokter yang di Surabaya sudah mengetahui riwayat medisnya sejak awal. Setelah dibawa ke salah satu rumah sakit di Surabaya, diputuskan akan ada tindakan medis pada pasien tersebut. Saat itulah diketahui jika pasien asal Banyuwangi ini positif covid-19)

”Nah, prosedur di saat pandemi saat ini, sebelum tindakan medis memang harus dites terkait covid-19, dan ternyata positif berdasarkan uji spesimen PCR. Sore tadi kami dikabari dari Surabaya,” jelas pria yang juga Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi ini, Sabtu, 25 April 2020 malam.

Berdasarkan keterangan dari keluarga, pasien ini menjalani perawatan akibat penyakit gangguan saluran kencing di salah satu rumah sakit di Surabaya sejak 17 April. Selama dirawat pasien dijenguk oleh sopir dan puteranya dari Jakarta.

”Jadi posisi saat ini kami belum mengetahui sumber penularannya. Tapi sesuai protokol, kami tracing kontak dekat pasien tersebut di Banyuwangi," katanya sambil menambahkan jika pihaknya akan mendata kontak terdekat pasien sekaligus menerapkan langkah sesuai protokol kesehatan, termasuk rapid test dan isolasi. Protokol ini selalu dilakukan pada kontak pasien positif covid-19 di Banyuwangi.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Nov 2020 19:43 WIB

Doni Monardo Sesalkan Sikap Rizieq Syihab yang Tak Mau Ditracing

Nasional

Sudah menerima laporan dari Walikota Bogor dan Dirut RS Ummi.

29 Nov 2020 19:33 WIB

Banser Siap Bantu TNI/Polri Para Tumpas ‘Pencoleng Agama’

Nasional

Mereka menggunakan dalil agama, namun perbuatan malah mencoreng.

29 Nov 2020 19:30 WIB

Gegara Video 'Hancurkan Risma', Karangan Bunga Penuhi Balaikota

Surabaya

Dikirim oleh kelompok-kelompok warga yang ada di Surabaya

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...