Walikota Malang, Sutiaji. (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

Banyak Pasien Covid-19 di Kota Malang Tertular dari Carrier

Jawa Timur 23 May 2020 14:00 WIB

Walikota Malang, Sutiaji, menyebut banyak pasien Covid-19 di Kota Malang yang tertular dari carrier atau pembawa virus. Hal ini didasarkan karena ada beberapa pasien yang tak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota dan kontak erat dengan pasien Covid-19 lainnya.

"Di Kota Malang contohnya, pasien yang meninggal kemarin, dia tidak pernah kemana-mana. Hanya ikut ronda malam. Juga seperti kasus bayi yang positif Covid-19. Juga tak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota," terangnya pada Sabtu 23 Mei 2020.

Sutiaji juga mencontohkan kasus pasien positif Covid-19 yang berasal dari Arjowinangun yang juga tak memiliki riwayat perjalanan ke luar Kota dan tidak pernah kontak erat dengan pasien Covid-19 lainnya.

"Ini kami tidak tahu terjangkit darimana, karena kami tidak tahu virus ini menempel di mana," jelasnya.

Sutiaji mengatakan, ada lima pasien Covid-19di Kota Malang yang bisa diprediksi terinfeksi virus corona berdasarkan riwayat perjalanannya.

"Dari Bogor 2 pasien, Jakarta 1 pasien dan Solo 1 pasien. Setelah itu ada pasien dari tenaga kesehatan. Sisanya kami tidak tahu dia (pasien) terpapar darimana, karena kan tidak kemana-mana," tuturnya.

Sementara itu, untuk pasien Covid-19 dari kalangan tenaga kesehatan, Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Mu'arif, mengungkapkan saat ini total ada 15 pasien dari tenaga kesehatan.

Jumlah tersebut hampir setengah dari total jumlah pasien Covid-19 di Kota Malang, sebanyak 32 orang. Namun Husnul mengatakan, dari 15 orang tersebut sudah ada yang dinyatakan sembuh dari Covid-19.

"Jadi dari 15 itu sudah ada yang kami nyatakan sembuh," katanya.

Husnul menyatakan bahwa para tenaga kesehatan tersebut diprediksi tertular virus corona di rumah sakit lantaran sering kontak dengan pasien.

"Faktor frekuensi kontaknya dengan pasien yang dirawat. Jadi sekali dua kali tenaga kesehatan melihat kondisi pasien. Frekuensinya yang lebih sering itu bisa menjadi penyebabnya (tertular virus corona)," ujarnya.

Untuk itu Pemkot Malang mengimbau kepada masyarakat agar selalu menerapkan physical distancing dalam aktivitas sehari-hari. Serta tidak lupa untuk menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.

Saat ini total jumlah pasien Covid-19 di Kota Malang sebanyak 32 orang dengan rincian 19 orang masih menjalani perawatan, 12 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 1 orang meninggal dunia.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 05:30 WIB

Muhammadiyah Salurkan Bantuan Bagi Pengungsi Rohingya di Aceh

Khazanah

Wujudkan Ta'awun Universal

05 Jul 2020 02:28 WIB

Belajar Dulu Baca Al-Quran kepada Ahlinya, Sebelum Jadi Ustadz

Islam Sehari-hari

(Sebuah Catatan untuk Felix Siauw)

05 Jul 2020 01:59 WIB

Mina Vs Jimin AOA, Korban Bully Selama 10 Tahun

ngopiK-pop

Mina mengaku jadi korban bully rekannya, Jimin di girl group AOA.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...