Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita, saat berbincang di Balai Kota, Jumat 27 Maret 2020. (Foto: Protokol Pemkot surabaya)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita, saat berbincang di Balai Kota, Jumat 27 Maret 2020. (Foto: Protokol Pemkot surabaya)

Pasien Corona Sembuh, Pemkot Surabaya: Kami akan Terus Dampingi

Ngopibareng.id Surabaya 27 March 2020 22:53 WIB

Enam orang pasien positif corona di Surabaya dinyatakan sembuh. Fakta ini jelas melegakan warga Kota Pahlawan. Artinya, virus Covid-19 yang telah memakan banyak korban ini sudah bisa diatasi oleh tim medis.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memastikan akan terus memberikan pendampingan kepada pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh. Pendampingan yang dilakukan dalam bentuk moril dan medis.

Pemkot Surabaya akan melakukan pemantauan medis pasien sembuh tersebut, dengan memberikan vitamin dan suplemen makanan tambahan, untuk menambah imun atau daya tahan tubuhnya.

"Kami akan beri vitamin dan suplemen tambahan kepada mereka. Jadi mereka harus tetap jaga kesehatannya meski sudah sembuh," kata Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya, Jumat 27 Maret 2020.

Selain itu, Pemkot Surabaya melalui Dinas kesehatan akan terus melakukan sosialisasi kepada keluarga pasien, agar pasien yang sudah sembuh tersebut sementara waktu tidak melakukan aktivitas atau kegiatan yang menguras tenaga. Baik fisik maupun psikis.

"Jika tenaga fisik dan psikis terkuras bisa mempengaruhi daya tahan tubuh pasien. Sehingga rentan terserang penyakit-penyakit lainnya," imbuh Risma.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, pemkot akan terus mendorong secara moril dan menangani medis pasien-pasien positif corona agar cepat sembuh.

Selain terkait dengan pasien yang dirawat, Feni sapaan akrab Febri menjelaskan, mengenai ODP, PDP, dan ODR di Kota Surabaya. Setidaknya hingga hari ini, sudah ada 161 ODP yang sudah pantau oleh Pemkot, dari total lebih dari 180 ODP di Surabaya.

"Kalau yang belum kita pantau, karena mereka masih dalam masa inkubasi 14 hari. Setelah itu akan kami pantau. Nah untuk yang PDP, sudah ada 9 orang yang dirawat di RS, sisanya mereka melakukan isolasi mandiri di rumahnya," kata Feni.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Mar 2021 11:45 WIB

Terduga Kasus Salah Transfer BCA Punya 3 Anak Kecil

Surabaya

Menurut sang istri, terduga mau mengembalikan uang tapi ditolak BCA

02 Mar 2021 11:30 WIB

Ditahan Sociedad, Zidane Tatap Derby Madrid dengan Optimis

Liga Spanyol

Ia meminta pemainnya melupakan hasil lawan Real Sociedad.

02 Mar 2021 11:14 WIB

Video Detik-detik Penembakan Gus Idris Malang

Jawa Timur

Gus Idris dikabarkan ditembak, nyata atau prank?

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...