Gubernur Jatim, Soekarwo (kiri) bersama Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim saat mengecek kondisi gereja, Minggu 20 Mei 2018. (foto: ngopibare)

Pasca Serangan Bom, Gubernur Jatim Pastikan Semua Gereja Berjalan Baik

20 May 2018 08:58

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo memastikan semua gereja di Surabaya berjalan seperti biasa pasca serangan bom di tiga gereja pada Minggu 13 Mei lalu.

Dalam kunjungannya Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim mengakatan, bahwa kondisi semua gereja sudah sangat kondisif. Hal ini disebabkan peran kepolisian juga TNI yang mampu meyakinkan masyarakat soal keamanan mereka saat melakukan ibadah.

"Masyarakat sudah sangat yakin dengan pengamanan antara polisi dan TNI, mereka sangat meyakinkan pada masyarakat kemananan terkendali semuanya, bahkan langkan ini terus ditindaklanjuti," kata Pakde Karwo, disela-sela kunjungannya di salah satu gereja di Surabaya, Minggu 20 Mei 2018.

Pakde menyampaikan, pesan Presiden Jokowi, bahwa langkah yang diambil oleh pihak kepolisian ini sangat bagus. Yakni mampu menumpas kejahatan terorisme hingga keakar-akarnya, sehingga mampu menciptakan suasana damai kembali di tempat ibadah.

"Ini langkah yang sangat bagus menurut presiden langkah yang keakar-akarnya, yakni mencari gembong terorisme hingga ke semua jaringannya supaya tidak berkembang," lanjutnya.

Selain itu, Gubernur Jatim menyimpulkan, bahwa kondisi di beberapa gereja di Surabaya sudah berjalan baik. Bahkan ia mengatakan selain soal agama, perkembangan sosial, ekonomi dan silaturahmi sudah berjalan seperti biasanya. Masyarakat kata Pakde sudah tidak takut lagi dengan teror bom yang terjadi pada minggu kemarin.

"Nampak bahwa mulai tadi, masyarakat yang ke greja untuk ibadah stabil ndak ada perubahan, memang yang siang paling banyak, pagi pebih sedikit itu memang siklusnya," kata Pakde Karwo.

Seperti diketahui, Gubernur Jatim berkunjung ke beberapa gereja di Surabaya bersama forkompimda untuk memantau giat misa di beberapa gereja dalan rangka antisipasi teror bom dan memberikan rasa nyaman kepada warga Kota Pahlawan.

Gereja yang jadi kunjungan Pakde Karwo salah satunya GKI, Santa Maria tak bercela, Hati Kudus, Santa Yakobus. (hrs)