Kondisi Pasar Tunjungan dilihat dari depan. (Foto: Erfan Hazrasyah/Ngopibareng.id)

Pasar Tunjungan, Pasar Ikonik Surabaya Yang Nyaris Hilang

Ngopi Foto 27 February 2020 08:00 WIB

Pasar Tunjungan dengan luasan 1,2 hektare yang lokasinya sangat strategis tepat di tengah Kota Surabaya.

Saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Selain banyak sekali kerusakan yang perlu diperbaiki, juga sepi pengunjung, gelap dan tampak kumuh.

Dari 200-an stand yang ada, saat ini kurang lebih 15 pemilik yang bertahan. Sejauh ini banyak pedagang yang mau membayar retribusi, tapi tidak pernah terpenuhi haknya seperti permintaan perbaikan gedung.

Pada 2017 silam, Walikota Surabaya Tri Rismaharini pernah gembar-gembor bakal merevitalisasi Pasar Tunjungan dengan anggaran Rp10 miliar.

Bahkan, Risma kala itu menyebut Pasar Tunjungan akan dibangun 6 lantai yang diperuntukkan pelaku UMKM dan perkantoran. Sampai saat ini Pasar Tunjungan tetap saja terbengkelai, gelap dan kumuh

Seharusnya Risma, lebih fokus membenahi pasar tradisional khususnya
Pasar Tunjungan. Tujuannya agar bisa bersaing dengan pasar modern di sekitarnya dan dapat mengoptimalkan aset kota dari sisi value dan nilai ekonominya. (Erfan hazransyah/ngopibareng.id)

DI lantai satu terdapat plakat batu yang berisi informasi peresmian pasar Tunjungan foto  Erfan HazrasyahngopibarengidDI lantai satu terdapat plakat batu yang berisi informasi peresmian pasar Tunjungan. (foto : Erfan Hazrasyah/ngopibareng.id)
Kondisi lantai satu masih cukup ramai hanya saja didominasi warungwarung kopi sebagai lokasi jujugan istirahat para pegawai pusat perbelanjaan megah yang ada di seberangnya foto  Erfan HazrasyahngopibarengidKondisi lantai satu masih cukup ramai, hanya saja didominasi warung-warung kopi, sebagai lokasi jujugan istirahat para pegawai pusat perbelanjaan megah yang ada di seberangnya. (foto : Erfan Hazrasyah/ngopibareng.id)
Salah satu pemilik stand di lantai satu pasar Tunjungan masih setia meskipun sepu pengunjung foto  Erfan HazrasyahngopibarengidSalah satu pemilik stand di lantai satu pasar Tunjungan, masih setia meskipun sepu pengunjung. (foto : Erfan Hazrasyah/ngopibareng.id)
Di lantai dua kondisinya lebih memprihatinkan lagi Hanya ada satu pemilik stand yang bertahan di sana ruangan lainnya sudah berantakan dan kotor karena ditinggalkan pemiliknya bertahuntahun laluDi lantai dua, kondisinya lebih memprihatinkan lagi. Hanya ada satu pemilik stand yang bertahan di sana, ruangan lainnya sudah berantakan dan kotor karena ditinggalkan pemiliknya bertahun-tahun lalu.
Becek plafon dan dinding sudah keropos karena termakan usia merupakan pemandangan umun di lantai dua foto  Erfan HazrasyahngopibarengidBecek, plafon dan dinding sudah keropos karena termakan usia, merupakan pemandangan umun di lantai dua. (foto : Erfan Hazrasyah/ngopibareng.id)
Tepat didepan pasar Tunjungan terdapat salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Surabaya foto  Erfan Hazrasyahngopibarengid Tepat didepan pasar Tunjungan terdapat salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Surabaya. (foto : Erfan Hazrasyah/ngopibareng.id)
lantai tiga merupaka lantai tertinggi di Pasar Tunjungan suasana lebih mirip rumah hantu ketimbang pasar Tidak ada lagi sekatsekat ala pasar Yang ada hanya satu lantai luas   yang kotor tidak terawat foto  Erfan Hazrasyahngopibarengidlantai tiga merupaka lantai tertinggi di Pasar Tunjungan, suasana lebih mirip rumah hantu ketimbang pasar. Tidak ada lagi sekat-sekat ala pasar. Yang ada hanya satu lantai luas yang kotor tidak terawat. (foto : Erfan Hazrasyah/ngopibareng.id)
Atap jebol bocor becek plafon yang hancur dan dinding yang sudah keropos termakan usia merupakan pemandangan umun di lantai tiga foto  Erfan HazrasyahngopibarengidAtap jebol, bocor, becek, plafon yang hancur dan dinding yang sudah keropos termakan usia, merupakan pemandangan umun di lantai tiga. (foto : Erfan Hazrasyah/ngopibareng.id)
Atap jebol bocor becek plafon yang hancur dan dinding yang sudah keropos termakan usia merupakan pemandangan umun di lantai tiga foto  Erfan HazrasyahngopibarengidAtap jebol, bocor, becek, plafon yang hancur dan dinding yang sudah keropos termakan usia, merupakan pemandangan umun di lantai tiga. (foto : Erfan Hazrasyah/ngopibareng.id)

Penulis : Erfan Hazransyah

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2020 15:24 WIB

Rapid Test Peserta UTBK Ditukar Mendadak, Ini Penjelasan Unair

Pendidikan

Unair mengaku hasil rapid test berubah setelah 30 menit.

08 Jul 2020 15:15 WIB

Pelanggan Gasku di Batam Dapat Sembako dari PT Gagas Energi

Nasional

Sembako dibagikan di Batam.

08 Jul 2020 14:55 WIB

Lawan Covid-19, Kapolda Jatim Minta Bhabinkamtibmas Maksimal

Surabaya

Angka kasus di Surabaya Raya masih tinggi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...