Pakdhe Karwo saat menggambar coretan, sebagai tanda PSLI 2018 Resmi Dibuka (foto : ocan / ngopibareng.id)

Pasar Seni Lukis Indonesia 2018 Resmi Dibuka

PSLI 2018 12 October 2018 20:57 WIB

Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) dalam rangka memperingati HUT ke 73 Provinsi Jawa Timur resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Jumat, 12 Oktober 2018 di Jatim Expo Surabaya. Gelaran di tahun ke 11 ini diselenggarakan mulai 12 - 21 Oktober 2018.

Pada tahun ke 11 ini panitia telah menyediakan sekitar 160 booth pameran yang diisi oleh sanggar dan individual seniman se-Indonesia. Hadir dalam pembukaan tersebut Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI, Putu Ngurah.

Ketua Penyelenggara Pasar Seni Lukis Indonesia, M Anis mengatakan acara tahunan ini diikuti oleh 140 pelukis se-Indonesia.

"Ada sebanyak 140 pelukis se-Indonesia. Ada yang sudah langganan ikut dan banyak juga yang masih baru ikut," ujarnya.

Lanjut Anis, hasil penjualan karya seni para pelukis se-Indonesia ini sebagian akan disumbangkan kepada korban bencana sepeti gempa Lombok, Palu, maupun gempa di Situbondo.

"Saya sebagai ketua penyelenggara dibantu rekan-rekan sanggar merah putih ikut tersentuh dan tergerak untuk ikut meringankan beban korban bencana gempa. Karena itu hasil penjualannya nanti sebagian akan kita sumbangkan kepada korban bencana," katanya.

Anis dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang biasa di panggil Pakde Karwo yang selalu mensupport kesenian di Jawa Timur. Selain itu, juga kepada Kementerian Pariwisata yang ikut mempromosikan acara tersebut.

"Terima kasih Pakde yang selalu menssuport kesenian di Jawa Timur. Kami juga terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang ikut mempromosikan event ini," ujar Anis.

Sebelum pembukaan resmi Para hadirin saar menyanyikan lagu Indonesia rayaSebelum pembukaan resmi Para hadirin saar menyanyikan lagu Indonesia raya.

Sementara Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI, Putu Ngurah dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini menjadi trending topik Indonesia. Acara ini secara khusus dibantu promosi oleh pihak Wonderfull Indonesia.

"Jam 5 tadi PSLI masuk dalam trending topik nomer 1 se-Indonesia yang secara khusus dibantu oleh Wonderfull Indonesia dalam promosi acara ini," ujar Putu.

Menurut Putu, acara ini bisa bertahan selama 11 tahun berkat gotong-royong dari seluruh pihak Jawa Timur. Jadi tongkat estafet seni ada di Surabaya.

"Mudah-mudahan ini menjadi tujuan pariwisata yang permanen yang dimiliki Jatim dan Indonesia," ujar Putu.

Begitu juga Gubernur Jawa Timur, Soekarwo berharap agar Jawa Timur mengisi nilai-nilai manusiawi.

"Kami berharap Jawa Timur memulai mengisi nilai-nilai kehidupan yang manusiawi," ujarnya. (ocn)

Penulis : Roesdan Suriansyah

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Mar 2020 06:15 WIB

12 Daerah di Jatim Selenggarakan Rapid Test

Jawa Timur

Akurasi rapid test masih belum jelas.

27 Mar 2020 22:45 WIB

Wartawan dan Pegawai Grahadi Antre Cek Covid-19 Pakai Rapid Test

Reportase

Ada 100 wartawan dan pegawai Pemprov Jatim yang dites.

27 Mar 2020 22:37 WIB

Empat Daerah di Jatim Masuk Zona Merah

Jawa Timur

Empat daerah zona merah ialah Situbondo, Jember, Lumajang dan Kota Batu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.