Pasar Baru di Jalan Niaga, Kota Probolinggo, Jawa Timur, terbakar, Selasa malam hingga Rabu, 30 September 2020 dini hari. (Foto: Ikhsan Mahmudi/Ngopibareng.id)
Pasar Baru di Jalan Niaga, Kota Probolinggo, Jawa Timur, terbakar, Selasa malam hingga Rabu, 30 September 2020 dini hari. (Foto: Ikhsan Mahmudi/Ngopibareng.id)

Pasar Baru Kota Probolinggo Terbakar

Ngopibareng.id Jawa Timur 30 September 2020 07:55 WIB

Pasar Baru di Kota Probolinggo terbakar, Selasa tengah malam hingga Rabu dinihari, 30 September 2020. Api diduga berasal Toko Sinar Niaga di Jalan Niaga yang kemudian merembet ke lapak-lapak pedagang di dalam Pasar Niaga.

Salah seorang saksi mata, Husni Tamrin, pemilik tokok di Jalan Niaga mengatakan, kobaran api terlihat kali pertama, Selasa malam sekitar pukul 22.40. “Kemungkinan ada korsleting listrik di Toko Sinar Niaga sehingga menimbulkan kebakaran,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Sapik, warga yang tinggal di dekat Pasar Baru. Ia mengatakan, awalnya muncul asap tebal dari dalam rumah toko (ruko) Sinar Niaga.

“Setelah muncul asap tebal disusul kobaran api yang membakar ruko,” katanya. Ia menduga, banyak barang yang mudah terbakar di toko tersebut.

Yang jelas, kobaran api dengan cepat membakar toko yang menjual sembako dan pupuk itu. Angin kencang membuat api dengan cepat menyambar lapak-lapak pedagang di sebelah timur dan tengah di Pasar Baru.

Lapak para pedagang Pasar Baru hangus menjadi abu dilalap api Foto Ikhsan MahmudiNgopibarengidLapak para pedagang Pasar Baru hangus menjadi abu dilalap api. (Foto: Ikhsan Mahmudi/Ngopibareng.id)

Agung, pemilik lapak ayam potong di dalam Pasar Baru mengatakan, api dengan cepat membakar lapak-lapak di dalam pasar. “Kami berusaha menyelamatkan barang dagangan,” katanya.

Langkah antisipatif juga dilakukan M. Dafa, pemilik toko pakaian di Pasar Baru. “Kami pun berjaga-jaga, khawatir api merembet ke toko kami,” katanya.

Sebanyak empat mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemkot Probolinggo dikerahkan untuk memadamkan api. Termasuk sebuah truk tangki (penyiraman tanaman) milik Dinas Lingkungan Hidup, Pemkot Probolinggo dan sebuah mobil damkar milik Pemkab Probolinggo juga dilibatkan dalam pemadaman kebakaran.

“Kami belum tahu penyebab kebarakan. Kami fokus terhadap pemadaman lebih dulu,” kata Kasi Ops pada Dinas Satpol PP, Linmas, dan Damkar, Hendra Kusuma.

Rabu dinihari sekitar pukul 02.00 WIB, api berhasil dijinakkan. Tetapi lapak-lapak di pasar induk itu telah menjadi abu.

Penulis : Ikhsan Mahmudi

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Oct 2020 20:16 WIB

Melesat Sejak Awal, Morbidelli Juara MotoGP Teruel 2020

MotoGP

Morbidelli tak terkejar oleh lawan-lawannya.

25 Oct 2020 20:05 WIB

Pandemi Covid-19, Arema FC Tak Ingin Tambah Pemain Asing

Liga Indonesia

Manager anggap dua pemain asing saja sudah cukup.

25 Oct 2020 19:36 WIB

Menangkan Pilkada 2020, PDIP Jatim Gembleng Tim Cyber Media

Pilkada

Mereka diharapkan menjadi garda terdepan memenangkan PIlkada di 'udara'

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...