Partai-Partai Berebut Sandiaga Uno

27 Jul 2019 09:34 Politik

Politisi senior PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari mempersilakan Sandiaga Uno bergabung dengan partainya. Sebagai partai terbuka, PDI Perjuangan mempersilakan siapapun masuk, bahkan Basuki Tjahja Purnama (BTP alias Ahok) juga boleh bergabung.

"Asal setuju dengan AD/ART PDI Perjuangan, silakan saja siapapun bergabung," kata Eva pada wartawan Sabtu, 27 Juli 2019.

PDI Perjuangan sangat senang jika Sandiaga Uno bisa bergabung. Apalagi, posisi Sandiaga yang sempat menjadi calon wakil presiden dinilai merupakan bekal yang cukup bagus.

"Sandiaga ini di atas rata-rata. Memang setiap orang memiliki keistimewaan tersendiri," ujar Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan PDI Perjuangan ini.

Eva bahkan menceritakan kedekatan partainya dengan Ahok. Menurut Eva, Ahok memiliki platform yang sama dengan PDI Perjuangan. Begitupula jika Sandi juga setuju maka bisa meniru apa yang dilakukan Ahok.

Sekadar diketahui usai kalah dalam pilpres 2019, Sandiaga hingga saat ini memang belum memutuskan untuk bergabung dengan partai politik manapun.

Sandiaga semula adalah kader dan pengurus Partai Gerindra. Namun saat pilpres berlangsung, Sandiaga memutuskan untuk keluar dari Gerindra.

"Belum ada ajakan berpolitik, tapi saya nggak menutup pintu. Yang pasti saya nggak pernah meninggalkan dunia kewirausahaan. Sekarang saya tetap menjadi mentor, memberikan pelatihan dan pendampingan," kata Sandiaga Uno saat di Masjid At-Taqwa, Cakung, Jakarta Timur, Jumat 26 Juli 2019.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga juga mengatakan bahwa dirinya masih menunggu ajakan bergabung dari partai politik.

Sementara itu Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengaku bahwa partainya akan sangat senang jika Sandiaga kembali ke rumah lama, Gerindra.

"Tentu kami dari Partai Gerindra sangat senang dan bersyukur apabila Sandiaga bisa kembali ke rumahnya yakni Gerindra," kata Riza.

Sebelum bergabung dengan Gerindra, Sandiaga adalah pebisnis profesional yang sangat cepat mengikuti irama politik.

"Beliau profesional, latar belakang ekonomi. Lantas bergabung dengan Gerindra, jadi wagub dan nyawapres hasilnya luar biasa," ujarnya.

Meski kini Sandiaga tidak lagi berpartai politik, namun Riza menyebut bahwa banyak kader Gerindra saat ini menginginkan Sandiaga kembali ke Gerindra.

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini