Parlemen Jatim Ingin Antar Pakde-Gus Ipul Khusnul Khotimah

12 Dec 2018 20:59 Jawa Timur

Panitia Khusus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPj AMJ) Gubernur Jawa Timur Jatim akan merekomendasikan supaya hasil kinerja kepemimpinan Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo) dan Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) periode 2014-2019 dijadikan sebagai starting poin oleh Gubernur Jatim terpilih dalam menyusun Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jatim 2019-2024.


Pernyataan itu disampaikan ketua Pansus LKPj AMJ Gubernur Jatim periode 2014-2019, Ahmad Tamim (Gus Tamim) usai menggelar rapat Pansus di kantor DPRD Jatim, Rabu 12 Desember 2018.

"Pansus berharap rekomendasi LKPj AMJ nantinya bisa dijadikan sebagai starting poin Gubernur Jatim terpilih dalam menyusun RPJMD. Dan Sekdaprov Jatim juga sepakat dengan usulan Pansus,” kata politisi asal PKB ini.

Gus Tamim mengatakan RPJMD Jatim 2014-2019 yang memuat visi-misi Pakde Karwo dan Gus Ipul sudah dibuatkan Perda Jatim. Namun di tengah perjalanan RPJMD dilakukan revisi karena dianggap membutuhkan penyempurnaan akibat target yang telah dicanangkan tak kunjung tercapai.

Hasil evaluasi Pansus LKPj AMJ Gubernur Jatim, kata politisi asal Blitar ini, dari sisi Indikator Kinerja Utama (IKU) sudah terlaksana. Tinggal mensingkronkan dengan data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Tamim mencontohkan, persoalan angka kemiskinan sebenarnya sudah turun tapi secara akumulatif masih di atas rata-rata nasional. “17 persen angka kemiskinan nasional itu berada di Jatim,” kata dia.

Kenaikan angka kemiskinan tercatat hanya terjadi di Nganjuk dan Sumenep. "Tantangan sumenep adalah disparitas harga yang tinggi antara daratan dan kepulauan. Pulau terluar saatnya mendapat perhatian untuk menekan laju inflasi di Sumenep," ujarnya.

Sementara itu, IKU yang dinilai sukses adalah persoalan pembangunan gender. Karena itu Tamin mengapresiasi kinerja Pakde Karwo dan Gus Ipul dapat berkesinambungan dengan Gubernur Jatim terpilih yang juga perempuan. “Ini dari rekomendasi Pansus LKPj AMJ adalah mengantarkan Pakde Karwo dan Gus Ipul khusnul khotimah mengakhiri jabatan sebagai gubernur dan wakil gubernur Jatim,” kata mantan sekretaris PW GP Ansor Jatim ini. (man)

Reporter/Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini