Park and Ride Genteng Kali Ditarget Rampung Desember

09 Oct 2019 20:50 Surabaya

Dinas Perhubungan Kota Surabaya menargetkan proyek pembangunan kantong parkir umum (park and ride) di Genteng Kali akan rampung pada pertengahan bulan Desember 2019. Hal itu disampaikan langsung oleh Cahya Surya, pelaksana proyek park and ride Genteng Kali, Rabu 9 Oktober 2019.

"Targetnya Desember sudah selesai. Sesuai dengan rencana," kata Cahya.

Ia mengungkap, progres pembangunan kantong parkir dua lantai itu kini sudah mencapai 36 persen. Pengerjaan yang sedang dilakukan saat ini adalah pemasangan bondek dan pengerjaan baja. Bahkan, struktur bangunan juga sudah terlihat gagah berdiri.

Cahya mengatakan, park and ride yang digarap sejak bulan September 2019 itu nantinya dibangun dua lantai. Rencananya, untuk parkir mobil akan ditempatkan di lantai 1 dan sepeda motor di lantai dua.

Selain itu, kantong parkir yang tepat berada di samping kanan Taman Ekspresi dan seluas 350 meter persegi itu, bisa untuk menampung 20-25 mobil dan 150-200 sepeda motor.

"Nanti di bawah itu mobil, di atas itu motor. Nanti ada gate masuk parkir seperti di parkiran biasanya. Nah, nanti sepeda motor masuk dan keluarnya satu pintu," terang Cahya.

Tak hanya untuk parkir, park and ride Genteng Kali ini akan dilengkapi dengan kantor, toilet serta stan-stan UKM, sesuai dengan instruksi Wali Kota Surabaya dan Dishub.

Menurut Cahya, kendala terbesar adalah saat memulai pengerjaan proyek itu. Karena, tepat ditengah-tengah bangunan gedung parkir, ada utilitas kabel listrik yang melintang.

"Tidak ada kendala berarti ya sejauh ini. Kendala awal ya kan ada utilitas kabel-kabel itu, tiang-tiang PLN, pas di tengah-tengah bangunan. Tapi sekarang sudah kami pindah ke depan," ungkap Cahya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat mengatakan, pembangunan park and ride di daerah Genteng Kali ini adalah sebagai salah satu solusi Pemkot Surabaya, untuk mengurangi kendaraan yang parkir di bahu jalan.

"Ini sebagai salah satu cara untuk menggeser parkir on the street, ke parkir off the street. Sehingga, di kemudian hari, akan semakin sedikit jumlah pengguna jalan yang parkir di bahu jalan," kata Irvan.

Dampaknya, jelas Irvan, park and ride bisa mengurangi kemacetan yang terjadi karena masalah parkir yang biasanya di bahu jalan.

Selain itu, pembangunan park and ride ini akan menjadi penting saat tranportasi umum di Surabaya sudah jadi. Sehingga akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di jalanan Surabaya.

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini