Para Sultan Kandidat Pengganti Raja Baru Malaysia

07 Jan 2019 16:39 Internasional

Banyak spekulasi tentang mundurnya Sultan Muhammad V sebagai Raja Malaysia. Namun secara resmi Sultan dari Kelantan itu telah remi mundur pada Minggu 6 Januari 2019 kemarin.

Sultan Muhammad V sendiri terpilih menjadi Raja Malaysia pada 13 Desember 2016. Masa jabatannya, harusnya berakhir pada 2021.

Dengan mundurnya pria berusia 49 tahun ini, kini penguasa monarki Malaysia harus segera memilih kembali posisi Yang Dipertuankan Agong negara itu.

Menurut tradisi di Malaysia, raja akan berpindah setiap lima tahun. Biasanya jabatan raja dilakukan dengan bergiliran di antara sembilan Sultan yang ada di negara bagian Malaysia.

Sesuai gilirannya, harusnya pengganti Sultan Muhammad V adalah Sultan Ahmad Shah dari Pahang. Sultan Pahang ini juga pernah menjadi Raja Malaysia pada 1979-1984.

Namun kondisi kesehatan Sultan Pahang memicu spekulasi kemungkinan takhta akan dipindahkan ke giliran berikutnya yakni Sultan Ibrahim Ismail dari Johor.

Majelis Tinggi Perak, Abdul Aziz Bari mengatakan, meski Sultannya sakit, namun Pahang masih berpotensi mengambil tahta melalui putra mahkotanya.

Yang pasti, kemunduran raja, baru terjadi kali ini di Malaysia. Para sultan di Malaysia juga telah bertemu untuk membahas proses suksesi pergantian.

Namun dari sembilan Sultan, dalam pertemuan yang digelar hari ini, Senin 7 Januari 2019, ternyata hanya enam Sultan yang hadir yakni dari Perlis, Terengganu, Negeri Sembilan, Johor, Perak dan Kedah.

Sekadar diketahui, sebelum mundur dari Raja, MSultan Muhammad V sempat menuai kontrofersi setelah menikahi mantan Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina pada 22 November 2018 di kawasan mewah Barvikha, Kota Moskow. (man)

Reporter/Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini