Ilustrasi menjalani ibadah puasa. (Foto: Dokumentasi AHCC)

Puasa Malah Bermanfaat untuk Para Penyintas Kanker, Asal...

RS Adi Husada 26 April 2020 16:00 WIB
RS Adi Husada Cancer Center
Pada tahun ini semua umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa Ramadan di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, kebutuhan asupan makanan harus diperhatikan agar tetap kuat menjalani puasa.
 
Hal ini juga berlaku untuk para penyintas kanker. Menurut Adi Husada Cancer Center (AHCC), para penyintas kanker diperbolehkan menjalani ibadah puasa dengan catatan akan kondisinya. Catatan tersebut antara lain, tidak mengalami komplikasi, tubuh dalam kondisi stabil, dan berada di bawah pengawasan dokter.
 
Adapun manfaat puasa bagi para penyintas kanker ialah dapat mengurangi efek samping dari obat-obatan saat menjalani perawatan selama menjalani pola makan yang tepat. Hal ini berdasarkan studi dari Universitas Southern California, Amerika Serikat.

Namun, sebelum mengambil keputusan berpuasa atau tidak, para penyintas kanker ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Untuk berkonsultasi di dokter AHCC, Anda dapat mengunakan layanan Patient Advisor (PA) yang ada di AHCC. PA sendiri merupakan layanan terbaru dari AHCC untuk memberikan layanan konsultasi bagi para penyintas kanker.

Layanan ini bertujuan memberikan layanan konsultasi pada pasien dan keluarga melalui pendekatan personal yang berarti untuk masing-masing pasien.

Dengan tujuan diatas PA siap mendengarkan cerita pasien, memberikan informasi yang dibutuhkan, serta memberikan pendampingan dalam perjalanan pasien selama menghadapi kanker.

Tak hanya itu PA juga akan membantu memfasilitasi antara dokter dan pasien untuk jadwal konsultasi dan lain-lain.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Sep 2020 07:26 WIB

Menara Eiffel Diancam Bom, Begini Evakuasi Polisi pada Turis

Internasional

Teror bom dari penelepon misterius

24 Sep 2020 07:17 WIB

NU Harus Mulai Program Ekonomi, Wapres: Manfaatkan Teknologi

Khazanah

Revolusi Teknologi tak bisa dihindari dan harus dimanfaatkan

24 Sep 2020 07:01 WIB

Tunda Gelar Muktamar Ke-34, Ini Agenda Resmi PBNU

Khazanah

Keputusan Konbes Nahdlatul Ulama secara daring

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...