Para Kiai Pesantren Satukan Barisan, Keluarkan Tiga Seruan

09 Mar 2019 19:34 Politik

Tahun politik 2019 ditandai dengan digelarnya perayaan demokrasi, Pemilu serentak pada 17 April mendatang. Dalam pelaksanaan Pilpres, Pilkada dan Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), ada kegelisahan dari para ulama pesantren, karena terjadi ketegangan di sejumlah pihak pada pendukung calon presiden-calon wakil presiden.

Para kiai pesantren dan sesepuh NU menyerukan kepada umat Islam, khususnya warga Nahdliyin agar mendukung tokohnya, dalam mengisi kepemimpinan nasional pada lima tahun mendatang. Karena itu, para kiai dan ulama sepuh hadir dalam Silaturahmi Alim Ulama NU se-Jatim di Hotel Bumi Surabaya, Sabtu 9 Maret 2019.

Para kiai sepuh dan ulama pesantren itu, bersatu mengarahkan dukungan pada pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin. Mereka yang hadir, antara lain, KH Zainuddin Djazuli, KH Anwar Manshur, KH Nawawi Abdul Djalil, KH Ubaidillah Faqih, KH Idris Hamid, KH Anwar Iskandar, KH Mutawakil Alallah, KH Marzuki Mustamar, KH Ali Masyhuri dan KH Syafiuddin Abd Wahid.

"..., merapatkan barisan untuk mengawal Jatim bersatu mendukung pasangan 01 yang merupakan representasi kader terbaik NU."
Pakde Karwo dan Gus Ipul hadir dalam Silaturahmi Alim Ulama NU seJatim di Hotel Bumi Surabaya Foto ngopibarengid
Pakde Karwo dan Gus Ipul hadir dalam Silaturahmi Alim Ulama NU se-Jatim di Hotel Bumi Surabaya. (Foto: ngopibareng.id)

Para ulama dan kiai tersebut, akhirnya mengeluarkan tiga seruan pada umat Islam dan khususnya warga Nahdliyin. Begini bunyi seruan alim ulama dan pengasuh ponpes se-Jatim:

Pertama, senantiasa bersama menjaga suasana Jatim yang kondusif dengan ikut aktif menangkal berita hoaks dan ujaran kebencian yang berpotensi memecah belah dan mengadu domba umat.

Kedua, merapatkan barisan untuk mengawal Jatim bersatu mendukung pasangan 01 yang merupakan representasi kader terbaik NU.

Ketiga, melakukan ikhtiar batin dengan bermunajat kepada Allah SWT untuk kemenangan pasangan 01 serta keselamatan dan keamanan bangsa serta negara Indonesia demi terwujudnya Pemilu 2019 aman dan damai.

Pada kesempatan tersebut, tampak hadir Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, mantan Gubernur Jatim Soekarwo dan mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa sambutan saat Silaturahmi Alim Ulama NU seJatim di Hotel Bumi Surabaya Foto ngopibarengid
Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa sambutan saat Silaturahmi Alim Ulama NU se-Jatim di Hotel Bumi Surabaya. (Foto: ngopibareng.id)

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menyambut baik seruan yang dilakukan para alim ulama di lingkungan Nahdlatul Ulama Jawa Timur. 

"Alhamdulillah, para kiai memberikan dukungan untuk memperkuat barisan dalam memenangkan pasangan nomor urut 01 dalam Pilpres mendatang," tuturnya.

Moeldoko yang juga Kepala Staf Kantor Kepresidenan ini, pun menyambut baik dukungan Pakde Karwo dan H Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, ikut bergabung memenangkan pasangan nomor urut 01. 

“Saya pikir indikatornya sudah jelas (mendukung),” tutur mantan Panglima TNI ini.

Sementara itu, Koordinator Forum Kiai Bersatu Jatim, H Ahmad Fahrur Rozi Burhan (Gus Fahrur) kepada media menjelaskan, pihaknya berani memastikan bahwa Pakde Karwo dan Gus Ipul bergabung untuk pemenangan Jokowi bersama ulama NU Jatim.

“Sudah fixed beliau berdua mantan gubernur dan wakil gubernur mendukung 01. Kami bersyukur pasangan gubernur dan wagub baru Bu Khofifah dan Mas Emil beserta pasangan gubernur wagub lama Pakde Karwo-Gus Ipul bersatu memenangkan Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” tegas Pengasuh Ponpes An-Nur Bululawang Malang ini. (man/adi)

 

Koordinator Forum Kiai Bersatu Jatim H Ahmad Fahrur Rozi Burhan Gus Fahrur saat memberi keterangan pers Foto ngopibarengid
Koordinator Forum Kiai Bersatu Jatim, H Ahmad Fahrur Rozi Burhan (Gus Fahrur) saat memberi keterangan pers. (Foto: ngopibareng.id)