Ilustrasi Flu Babi Afrika. (Foto:Istimewa)

Papua Nugini Juga Diserang Flu Babi Afrika

Internasional 24 April 2020 16:12 WIB

Masyarakat Papua Nugini kini juga diancam virus Flu Babi Afrika (ASF), selain virus corona. Flu Babi Afrika menyebar cepat ke seluruh wilayah setelah secara resmi tercatat di negara tersebut pada akhir Maret.

Surat kabar lokal Post Courier pada Jumat melansir bahwa terjadi wabah signifikan di bagian selatan, Provinsi Hela dan Enga.

Penyakit, yang tidak menjangkiti manusia namun mematikan bagi babi, memberikan pukulan keras bagi industri babi di sejumlah negara Asia dalam beberapa bulan belakangan.

National Agriculture Quarantine and Inspection Authority (NAQIA) PNG melarang ekspor babi dan produk daging babi dari tiga provinsi terdampak. Peternak setempat meminta langkah lebih lanjut mengenai isu tersebut.

"Kami kehilangan sekitar 10-20 babi per hari di masing-masing desa sejak penyakit tersebut pertama kali ditemukan," kata peternak babi Jill Jackson kepada Post Courier.

"Kami mewajibkan otoritas seperti NAQIA dan lainnya untuk lebih sadar atas masalah ini serta bagaimana dan apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu menghadapi penyebaran virus flu babi Afrika ini."

Babi merupakan komoditas berharga, terlebih di provinsi dataran tinggi PNG, dan kasus baru COVID-19 menambah masalah bagi masyarakat. (ant/rtr)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 21:15 WIB

Hasil MotoGP Emilia Romagna: Vinales Juara, Rossi Gagal Finis

MotoGP

Kecelakaan membuat Rossi gagal finis MotoGP Emilia Romagna.

20 Sep 2020 20:51 WIB

Banyak Barisan Melarat, MA: Aku Gak Gelem Suroboyo Melarat Terus

Pilkada

Surabaya penuh kepalsuan. Masyarakat tahu yang sesungguhnya.

20 Sep 2020 20:40 WIB

Harga Tomat Anjlok hingga Rp300 per Kilogram

Jawa Timur

Petani tomat merugi, pedagang yang untung.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...