Papan Skor GBT Terpasang, Dispora Klaim Pakai Teknologi Terbaru

21 Nov 2019 21:35 Liga Indonesia

Papan skor digital di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya sudah terpasang. Pengerjaan ini dilakukan untuk persiapan menyambut pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Kepemudaan dan Olahraga Edi Santoso mengatakan, papan skor ini terpasang dengan ukuran 6x12 meter. Dia juga mengklain, papan skor ini menggunakan teknologi terbaru dan tercanggih untuk saat ini.

"Iya ini sudah selesai pemasangannya, tinggal penyesuaian. Sekaligus mau saya pamerkan bahwa kita punya yang paling baru, serta impor dari Jepang," kata Edy, Kamis 21 November 2019.

Selain bisa menampilkan skor dan highlight pertandingan, layar tersebut juga dilengkapi dengan tiga kamera. Kamera ini bisa menangkap gambar hingga 30 kali optical zoom atau lebih dari 50 meter.

"Jadi semua orang di tribun itu bisa kelihatan wajahnya. Kalau ada yang berbuat onar kita bisa tangkap wajahnya," ujar dia.

Sementara itu, menurut Edy, papan skor ini langsung bisa digunakan dalam pertandingan Persebaya saat menghadapi Semen Padang, 28 November mendatang.

"Besok loh juga siap digunakan, ndak harus nunggu lusa atau beberapa minggu lagi. Cuma memang kami pastikan benar-benar selesai pada awal Desember," lanjut Edy.

Di sisi lain, papan skor ini merupakan hasil lelang dengan nilai akhir Rp5 miliar. Anggaran pembelian didapatkan dari APBD Kota Surabaya tahun 2019.

"Dulu kita menganggarkannya Rp7 miliar lebih," ucap Eri Cahyadi beberapa waktu lalu.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini