Ketua Fatma Foundation, Fatma Saifullah Yusuf (kiri) saat memantau Pap Smear gratis bersama Universitas Ciputra, Jumat, 8 November 2019. (Foto: Fatma Foundation)

Pap Smear Gratis Fatma Foundation bersama Universitas Ciputra

Surabaya 09 November 2019 13:30 WIB

Fatma Foundation terus bergerak memberikan pelayanan kesehatan terutama kesehatan reproduksi wanita bagi masyarakat. Menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra, Fatma Foundation, Jumat 8 November 2019 melakukan kegiatan sosial deteksi dini kanker serviks dan payudara berupa pemeriksaan pap smear dan palpasi gratis dan bersubsidi.

Digelar di Plaza Universitas Ciputra Surabaya, kegiatan ini diikuti 38 peserta. Fatma Foundation memberikan subsidi pemeriksaan kepada masyarakat umum, serta pelayanan kesehatan gratis bagi guru TK dan SD yang berada di sekitar Universitas Ciputra.

Peserta yang hadir diperiksa oleh tenaga medis profesional di dalam bus kesehatan Fatma Foundation. Secara bergantian mereka masuk ke bilik pemeriksaan dan tidur di atas kursi obgyn yang tersedia. Suasana dalam bus yang bersih dan adem membuat peserta merasa nyaman, sehingga mengurangi rasa tegang saat tim medis mengambil sample sel serviks atau leher rahim.

Ketua Fatma Foundation Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf mengatakan, "Fatma Foundation siap bekerjasama dengan semua kalangan untuk bersama-sama mengajak khususnya kepada kaum perempuan agar sadar akan kesehatannya."

"Fakultas kedokteran Universitas Ciputra menyambut baik akan hal itu, kemudian bersama-sama memberikan pelayanan kepada masyarakat," lanjutnya.

Disamping memberikan pemeriksaan pap smear dan payudara, juga diberikan pemeriksaan tensi, kolestrol, gula darah, asam urat serta konsultasi dokter secara cuma-cuma.

"Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini, meluangkan waktunya sejenak untuk memeriksakan diri agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini," ujar wanita yang aktif pada jabatannya sebagai Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Timur ini.

Dia pun berharap bisa bekerjasama kembali dengan beberapa kampus yang ada di Surabaya, sehingga para mahasiswa bisa ikut melakukan pengabdian kepada masyarakat bersama-sama.

Melalui kegiatan yang digelar hingga siang hari itu, istri dari mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf ini sekaligus mengajak masyarakat untuk mengikuti kegiatan vaksinasi HPV bersubsidi yang akan digelar Fatma Foundation.

"Tanggal 16 November 2019
Fatma Foundation mengadakan acara Pap smear dan vaksinasi HPV bersubsidi. Khususnya untuk vaksin HPV ini, dikenakan biaya yang sangat murah bahkan mungkin termurah se-Indonesia, dapat diberikan untuk perempuan dan laki-laki," tutur Fatma.

Tidak hanya vaksinasi HPV bersubsidi, Fatma Foundation juga memberikan subsidi untuk pemeriksaan Pap smear. Kegiatan akan dilaksanakan di Omah Kayu Fatma Foundation, Jl. Gayungsari Timur Komplek AD No. 17 Surabaya. Hingga saat ini Fatma Foundation masih membuka pendaftaran peserta sampai kuota terpenuhi.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Jun 2020 18:36 WIB

Berbagi Kasih Fatma Foundation, 1.000 Hazmat Dibagikan Pada Nakes

Surabaya

Fatma Foundation terus bergerak, berbagi kasih bagi mereka yang membutuhkan

20 May 2020 19:55 WIB

Terima Sembako, Sopir Angkot: Terima Kasih Fatma Foundation

Surabaya

Fatma Foundation membagikan ribuan paket sembako bagi sopir angkot.

07 May 2020 10:50 WIB

BKOW Jatim Berbagi Kasih dengan Warga Terdampak Covid-19

Jawa Timur

Badan Kerjasama Organisasi Wanita BKOW Jatim beri bansos terdampak Corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...