Presiden Amerika Serikat Donald Trump meminta Pangeran Harry membayar untuk keamanannya sendiri. (Foto; Unsplash.com)

Pangeran Harry Pindah ke Amerika, Trump Tarik Duit Keamanan

Internasional 30 March 2020 09:50 WIB

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan jika Amerika Serikat tak akan mengeluarkan anggaran bagi keamanan Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle setelah pasangan ini pindah ke Los Angeles. Hal serupa sebelumnya juga dilakukan oleh Pemerintah Kanada.

Dalam cuitan Twitternya, Trump menulis bahwa dirinya adalah “teman yang baik dan pengagum Ratu serta Kerajaan Inggris” sambil menambahkan: “Mereka harus bayar!”.

Cuitan Trump dibalas oleh pasangan dengan satu anak tersebut. Mereka mengaku tak berencana meminta dana publik untuk keamanan mereka di Amerika Serikat. Dalam pernyataan yang dirilis melalui juru bicara pada Minggu 29 Maret 2020, mereka mengatakan “Pangeran dan istrinya tidak memiliki rencana meminta Pemerintah AS untuk memenuhi kebutuhan keamanan mereka. Untuk keamanan, perjanjian dengan sektor swasta telah dilakukan,”.

Pasangan ini diketahui akan turun dari bangsawan senior Kerajaan Inggris pada 31 Maret dan tidak akan lagi bekerja sebagai wakil Ratu Inggris. Namun perjanjian ini akan ditinjau kembali setelah satu tahun.

Sebelumnya pasangan ini dan anaknya tinggal satu tahun di Kanada. Bulan lalu, pemerintahan setempat mengumumkan mereka akan menghentikan bantuan keamanan pada keluarga tersebut dengan alasan “mengikuti perubahan status mereka,”.

Keluarga kecil itu diketahui pindah ke Los Angeles minggu lalu. Kota itu adalah kampung halaman Meghan dan tempat ibundanya, Doria Raglan, saat ini tinggal, sebagaimana dialihbahasakan dari BBC.

Kanada dan Amerika Serikat diketahui memiliki hubungan yang dekat dengan Kerajaan Inggris. Di mana Ratu Inggris hingga saat ini memimpin Kanada dengan berbagi peran dengan perdana menteri setempat sebagai pemimpin pemerintahan. Sedangkan Amerika Serikat awalnya bermula dari koloni yang dibentuk dan didanai salah satunya oleh Kerajaan Inggris.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Jun 2020 00:20 WIB

Ki Gendeng Pamungkas Dikebumikan Dekat Makam Ibu di Sawangan Depo

Tokoh

Paranormal Ki Gendeng Pamungkas meninggal karena komplikasi diabetes.

07 Jun 2020 00:01 WIB

Sementara, Selamanya Karya Reza Rahadian saat Pandemi Corona

Film

Sementara, Selamanya karya Reza Rahadian sebagai sutradara dan aktor.

06 Jun 2020 23:45 WIB

Viral Poster Kelas Poligami Rp3,5 Juta

Nasional

Kelas Poligami membuka program yang diasuh oleh praktisi poligami.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...