Pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle. (Foto: Getty Image)

Pangeran Harry dan Meghan Markle Resmi Dicopot Gelar Kerajaannya

Internasional 19 January 2020 15:45 WIB

Drama Pangeran Harry dan Meghan Markle keluar dari keanggotaan senior keluarga Kerajaan Inggris masih berlanjut. Keputusan tersebut berujung pada pencopotan gelar kerajaan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Pencopotan gelar itu diumumkan Istana Buckingham lewat pernyataan resmi yang dirilis, Sabtu 18 Januari 2020.

Istana mengatakan Ratu Elizabeth II merestui keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang ingin melanjutkan hidup mereka secara mandiri dan lepas dari status anggota senior keluarga Kerajaan.

Namun konsekuensinya, mereka harus merelakan gelar HRH atau His Royal Highness dan Her Royal Highness, Yang Mulia di depan nama masing-masing.

"The Sussexes tidak akan memakai gelar HRH sebagaimana mereka tidak lagi mengabdi sebagai anggota keluarga Kerajaan," demikian bunyi pernyataan tersebut seperti dikutip Daily Mail.

Pangeran Harry dan Meghan Markle juga harus mundur dari tugas-tugas kerajaan sepenuhnya, termasuk yang berkaitan dengan kegiatan kemiliteran. Pendanaan dari uang publik untuk keduanya pun dihentikan.

Meski kehilangan gelar kerajaannya, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tetap dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex.

Pangeran Harry juga masih berada di urutan keenam pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Pencopotan gelar juga pernah dialami mendiang ibu Pangeran Harry, Puteri Diana. Mantan istri Pangeran Charles itu tidak boleh memakai Her Royal Highness setelah resmi bercerai dari sang suami.

Disebutkan pula bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle berniat mengembalikan biaya renovasi rumah mereka, Frogmore Cottage di Windsor. Renovasi yang memakan biaya sampai 2,4 juta pound sterling atau Rp 42,6 miliar itu berasal dari pajak rakyat.

Semua ketentuan baru ini mulai berlaku pada musim semi 2020, atau sekitar Maret-April tahun ini.

"Saya bersyukur akhirnya kami telah menemukan solusi yang kontstruktif dan suportif untuk cucuku dan keluarganya," tulis Ratu Elizabeth II dalam pernyataannya.

"Harry, Meghan dan Archie akan selalu jadi anggota keluarga yang sangat kami cintai," lanjutnya.

Ratu Elizabeth II juga menyadari berbagai tantangan yang telah Pangeran Harry dan Meghan Markle lalui sebagai anggota kerajaan yang selalu diamati gerak-geriknya. Untuk itu, Ratu Elizabeth II mengambil keputusan terbaik bagi mereka.

"Saya menyadari tantangan yang telah mereka lalui karena pengawasan intens dalam dua tahun terakhir dan mendukung keinginan mereka untuk menjalani hidup yang lebih mandiri," tutur dia.

"Saya berterima kasih atas dedikasi mereka pada negara, Persemakmuran dan lainnya, dan saya bangga Meghan juga dengan begitu cepat bisa menjadi salah satu bagian dari keluarga," sambungnya.

Pernyataan Ratu akhirnya ditutup dengan, "Ini harapan seluruh keluarga saya bahwa kesepakatan hari ini menyetujui mereka untuk memulai hidup baru yang lebih bahagia dan tenang."

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Jun 2020 15:23 WIB

Metta School, BEC dan PLS Bagikan 500 Sembako ke Warga

Surabaya

Sasarannya kepada warga kurang mampu dan pekerja informal.

07 Jun 2020 15:10 WIB

IKA UNSRI dan BNI Gelar Uji Swab Gratis di Palembang

BNI Peduli

BNI dan IKA UNSRI kolaborasi lakukan tes swab gratis.

07 Jun 2020 14:55 WIB

Pasca PSBB, Risma Ajukan Rapid Test untuk Pegawai Mal dan Toko

Surabaya

PSBB Surabaya berakhir pada Senin 8 Juni 2020.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...