Kementerian Kesehatan mengeluarkan protokol kesehatan dan panduan kesehatan di tempat kerja melalui Kepmen 328/2020. (Ilustrasi/Kementerian PUPR)

Panduan Lengkap New Normal dari Kemenkes di Tempat Kerja

Nasional 26 May 2020 20:30 WIB

Kementerian Kesehatan mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK 01.07/Menkes/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Kepmen ini mengatur apa yang harus dilakukan perusahaan, industri, serta pekerja ketika melakukan aktivitas perekonomian di tengah pandemi, baik di perkantoran pun di rumah masing-masing.

Kepmen berisi empat bab di antaranya mengatur tentang kewajiban manajemen dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti memantau perkembangan covid, membentuk tim penanganan covid di tempat kerja, memberikan prosedur pelaporan karyawan jika ada yang dicurigai covid, tidak memperlakukan kasus covid sepeti stigma, penerapan WFH, dan jika berkantor harus menggunakan pemeriksaan suhu badan, pengaturan jam kerja yang tak terlalu panjang guna meningkatkan imunitas tubuh, jika memungkinkan meniadakan shift 3, memperhatikan asupan gizi, sarana cuci tangan, dan physical distancing. Kepmen juga mengimbau hal-hal yang harus dilakukan pekerja selama di rumah.

Kemudian, Kepmen juga mengatur tentang apa yang harus dilakukan saat kembali bekerja pasca PSBB. Seperti mewajibkan menggunakan masker, larangan masuk kerja bagi karyawan yang bergejala demam, batuk, nyeri tenggorokan,dan sesak napas, serta kelonggaran tentang kewajiban menunjukkann surat sakit.

Juga mengatur tentang hak pekerja saat isolasi, menyediakan ruang karantina ketika ditemukan gejala saat screening, pembersihan ruang kerja, melakukan rekayasa pencegahan penularan di tempat kerja, pemeriksaan suhu badan setiap masuk kerja.

Kepmen juga mengatur tentang koordinasi antara tempat kerja dan pemerintah setempat dalam penganganan covid.

Berikut Keputusan Menteri Kesehatan lengkap nomor HK 01.07/Menkes/328/2020.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 23:05 WIB

Dilarang Dangdutan di Kampanye Terbuka Pilkada 2020

Nasional

Peserta Pilkada 2020 terancam didiskualifikasi jika melanggar aturan.

07 Aug 2020 22:45 WIB

Sanchez Sindir MU Setelah Dipermanenkan Inter Milan

Liga Italy

Alexis Sanchez merasa diterima dengan baik sejak awal di Inter

07 Aug 2020 22:25 WIB

Ganjar Lantik Sejumlah Pejabat Secara Virtual

Nusantara

Pelantikan dilakukan di tengah pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...