Ilustrasi panduan aman 3M memasak di dapur restoran. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi panduan aman 3M memasak di dapur restoran. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Panduan 3M Memasak di Dapur Restoran

Ngopibareng.id Nasional 27 November 2020 15:15 WIB

Klaster restoran sempat mengakibatkan pengunjungnya positif Covid-19. Munculnya klaster restoran tentu membuat masyarakat jadi lebih waspada agar tidak tertular virus corona saat menyantap makanan di restoran.

Keberadaan klaster restoran ini tentu menimbulkan kekhawatiran terlebih saat ini Indonesia sedang memasuki era adaptasi kebiasaan baru. Agar tidak tertular dan terhindar dari Covid-19 berikut tips memasak aman dari Covid-19 di dapur restoran.

Pertama, karyawan penjamah pangan harus dalam keadaan sehat pada saat melaksanakan pekerjaan di dapur. Karyawan penjamah pangan tidak menggunakan perhiasan seperti cincin, gelang dan jam tangan.

Mewajibkan semua penjamah pangan atau karyawan yang kontak langsung dengan pangan agar menggunakan masker, sarung tangan, atau penjepit pada saat menyentuh pangan siap saji dan menggunakan penutup kepala dan celemek pada saat persiapan, pengolahan dan penyajian pangan. Penggunaan sarung tangan sesuai dengan standar keamanan pangan yang berlaku.

Selain itu, pastikan pembelian, penanganan, pengolahan, persiapan hingga penyajian makanan atau minuman dilakukan sesuai standar higienis dan sanitasi pangan serta aturan protokol kesehatan. Perhatikan standar kebersihan dan keamanan ketika menerima bahan makanan dan minuman dari pihak pemasok, batasi jumlah orang yang menerima, minimalkan kontak fisik, serta selalu menjaga kebersihan fasilitas dan area penerimaan.

Perhatikan standar higienis dan sanitasi ketika menyimpan bahan makanan, sesuaikan suhu penyimpanan dengan karakteristik bahan pangan. Selanjutnya, membawa makanan dan minuman dari dapur ke tempat penyiapan makanan dan minuman ke area pelayanan makan dan minum dengan menggunakan penutup yang aman.

Pastikan ruang dapur bebas dari vektor dan binatang pembawa penyakit (pest control) serta memiliki sirkulasi udara yang baik. Selanjutnya, area kerja dibersihkan dengan disinfektan atau cairan pembersih lain yang aman dan sesuai sebelum digunakan, pada saat kondisi dapur kotor, dan pada saat operasional selesai.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Ilustrasi panduan aman memasak di dapur sesuai protokol kesehatan 3M selama pandemi Covid19 Grafis Fa VidhiNgopibarengidIlustrasi panduan aman memasak di dapur sesuai protokol kesehatan 3M selama pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jan 2021 11:40 WIB

Comeback, MU Kalahkan Liverpool 3-2

Liga Inggris

Gol bruno Fernandes menjadi gol penutup kemenangan MU

25 Jan 2021 11:39 WIB

Vaksin Merah Putih Disiapkan untuk Gantikan Vaksin Covid-19

Nasional

Ilmuan dorong pemerintah perhatian serius terhadap vaksin merah putih.

25 Jan 2021 11:26 WIB

Tertimpa Tangga

Dahlan Iskan

Nasib keluarga Trump seperti sudah jatuh ketimpa tangga. Piye tho?

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...