Panderman Terbakar, Wali Kota Batu Bentuk Tim

22 Jul 2019 12:42 Jawa Timur

Pemerintah Kota Batu akhirnya turun tangan mengatasi kebakaran yang terjadi di Gunung Panderman yang terjadi sejak kemarin malam. Kepala Bidang Humas Pemerintah Kota Batu, Suliyanah menyebut sudah ada tiga tim yang dibentuk oleh Pemkot Batu untuk merespon kejadian tersebut.  

Tim tersebut yaitu evakusasi dan penyelamatan, pemadam kebakaran serta kesehatan dan logistik. Untuk tim evakuasi terdiri dari dua tim, yang berisi lima orang yang dilengkapi dengan Handy Talky (HT) dan masker asap.

Untuk tim pemadam kebakaran berasal dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dibantu oleh warga sekitar dibekali dengan masker asap, parang tebas, penebah api dan garu untuk sekat bakar.

Sedangkan untuk tim kesehatan dan logistik nantinya akan membuat posko yang dekat dengan lokasi kebakaran serta menyiapkan tabung oksigen untuk dibawa beberapa tim yang bertugas ke atas lereng Panderman.

Suliyanah menyebut Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, pagi tadi juga sudah memberikan pengarahan kepada Tim Gabungan Pemadam Kebakaran Gunung Panderman (TGPKGP) sekitar pukul 08.40 WIB tadi. Di saat yang hampir bersamaan Tim TGPKGP juga telah mulai melakukan upaya pemadaman dan penyisiran pendaki. Saat ini sudah terpantau tiga titik api di hutan Gunung Panderman dengan koordinat lintang -7,90 dan bujur 112,49.

"Sementara bagi para pendaki dilakukan pelarangan untuk sementara waktu sampi kondisi kembali normal,” kata Suliyanah.

Kebakaran hebat melanda kawasan hutan yang berada di lereng Gunung Panderman yang memiliki ketinggian 2.045 meter di atas permukaan laut (mdpl), dan terletak di Kota Batu, Jawa Timur pada Minggu, 21 Juli 2019 malam.

Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, dari informasi yang dikumpulkan, kebakaran tersebut diperkirakan terjadi pada pukul 19.45 WIB.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim di Kota Batu, mengatakan untuk memadamkan api di lereng Gunung Panderman tersebut, pihaknya mengumpulkan para personel di Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu.

"Di lokasi titik kumpul akan dilakukan koordinasi dan kaji cepat untuk menentukan rencana operasi pemadaman," kata Rochim.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini