Sejumlah kapal milik nelayan Muncar bersandar di pelabuhan Muncar beberapa waktu lalu (foto: Hujaini/ngopibareng.id)

Pamit Melaut, Sudah Sepekan Dua Nelayan Muncar Tak Pulang

Jawa Timur 29 June 2020 10:30 WIB

Pamit melaut, dua orang nelayan asal Muncar sudah sepekan tak pulang. Mereka adalah Mustaji, 48 tahun, dan Hendra Wahyudi, 22 tahun, keduanya warga Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar. Kedua orang ini berangkat melaut pada Senin, 22 Juni 2020 lalu.

"Kami menerima laporan sejak berangkat pada Senin lalu, mereka berdua belum kembali hingga hari ini," jelas Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin melalui Kasat Polairud Banyuwangi, AKP Sudarsono, Senin 29 Juni 2020.

Kedua orang ini  melaut dengan kapal bernama Potre Koneng, jenis nol konol viber warna orange dengan kelengkapan alat tangkap jaring siang malam.

Sudarsono menambahkan, jika pihaknya belum bisa menemukan lokasi tempat kedua nelayan ini mencari ikan. Karena tidak ada satupun nalayan yang melihat atau bertemu dengan mereka. Namun berdasarkan kebiasaan nelayan Muncar, kemungkinan mereka mencari ikan di wilayah perairan Polokan, Jembrana, Bali atau perairan Kapal Pecah, Karangente, Banyuwangi.

"Kalau menurut nelayan yang lain, biasanya nelayan wilayah Muncar mencari ikan antara dua tempat tersebut. Jadi belum bisa dipastikan mereka mencari ikan di wilayah mana," tegasnya.

Kedua perairan tersebut lokasinya cukup jauh dari pelabuhan Muncar. Untuk menuju ke sana membutuhkan waktu sekurang-kurangnya enam jam perjalanan melalui laut. Tidak hanya itu, ombak di perairan Kapal Pecah dikenal sangat besar.

Polairud Banyuwangi sudah mengambil langkah untuk melakukan pencarian. Polairud sudah berkoordinasi dengan seluruh unsur SAR yang ada di Banyuwangi dan unsur SAR wilayah Jembrana.

"Kami juga sudah menyampaikan pada beberapa perkampungan nelayan untuk memberikan informasi jika menemukan sesuatu petunjuk saat melaut," pungkasnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

26 Sep 2020 03:30 WIB

Magawa, Tikus Afrika yang Mengendus 67 Ranjau Darat

Internasional

Magawa mendapatkan penghargaan medali emas.

26 Sep 2020 02:30 WIB

Lawan Covid-19, Kementerian PPPA Berdayakan Ibu dan Anak

Nasional

Peran serta anggota keluarga dalam satu rumah tangga dinilai sangat penting dalam mencegah penularan virus Covid-

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...