Aktor gaek Hengky Solaiman, pemeran Wak Sain di sinetron Dunia Terbalik. (Foto: Dok. RCTI)

Pamit dari Sinetron, Hengky Solaiman Idap Kanker Usus

Gosip Artis 24 January 2020 17:10 WIB

Aktor senior Hengky Solaiman pamit dari sinetron Dunia Terbalik yang tayang setiap malam di RCTI. Pemeran Wak Sain di sinetron yang tayang sejak 5 Januari itu diceritakan meninggal dunia sewaktu melaksanakan salat di atas kursi roda. Wak Sain adalah ayah Ikon (diperankan Tike Priatnakusumah) juga mertua Dadang (Indra Birowo).

Cuplikan adegan kematian Wak Sain sempat viral. Netizen menduga Hengky Solaiman benar-benar wafat.

Kenyataannya, pria 78 tahun itu tak bisa melanjutkan syuting sinetron stripping itu karena sakit. Hengky Solaiman divonis idap kanker kolon atau usus besar.

"Sakit ini enggak cepet penyembuhannya. Kalau saya izin syuting Dunia Terbalik yang tadinya saya syuting setiap hari, saya harus terapi dua kali sehari, itu harus saya lakukan setiap hari. Jadi saya enggak sanggup (syuting)," tuturnya.

Oleh karena itu, pria kelahiran 30 Agustus 1941 ini meminta perannya ditiadakan dulu.

"Saya tidak enak lima bulan off. Awalnya, peran saya masih dipertahankan tapi enggak enak dengan peran lain akan terganggu," tuturnya.

Hengky Solaiman setiap hari harus menjalankan terapi magnet. Belum lagi jarak rumah dengan lokasi syuting yang cukup jauh membuat Hengky Solaiman butuh waktu banyak di perjalanan.

"Syuting stripping memang agak berat ya. Kalau cuma batuk dan flu gitu saya tetap syuting. Jarak lokasi syuting di Cibubur, rumah saya Jakarta Barat, setengah mati itu di jalan belum lagi kalau macet bisa sampai dua jam. Jadi saya putuskan off," terang dia.

Hengky Solaiman kini fokus dengan kondisi kesehatannya. Ia divonis mengidap kanker kolon sejak lima bulan lalu.

Walau tubuhnya digerogoti kanker ganas, Hengku Solaiman menolak naik meja operasi. Faktor usia yang membuatnya memilih untuk terapi magnet.

"Waktu awal periksa sebelum terapi magnet tumor kanker saya masih ganas 15,9. BAB (buang air besar) susah. Bulan depan saya mau CT Scan semoga ada perubahan karena sejak terapi magnet, saya bisa lancar buang air besar. Badan juga sudah seger. Makanan pedas saya hindari," tuturnya.

Aktor yang sudah membintangi ratusan judul film itu mungkin akan balik lagi berakting setelah sembuh dari kanker.

"Saya cinta akting, pasti balik lagi (syuting) kalau masih ada yang mau lihat saya akting. Tapi saya menyadari pengobatan kanker tidak cepat ya. Banyak teman-teman saya tidak sampai usia segini (78 tahun)," ucap Hengky Solaiman.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Apr 2020 20:13 WIB

PGS Ditutup! 4 Orang Pedagang Dikabarkan Terjangkit Corona

Surabaya

Pusat Grosir Surabaya (PGS) ditutup. Empat pedagang terjangkit corona.

04 Apr 2020 20:06 WIB

Asisten Pelatih Timnas Indonesia Positif Covid-19

Liga Indonesia

Gong Oh-kyun dinyatakan positif terpapar corona setelah tiga kali tes

04 Apr 2020 19:59 WIB

Pemkot Batu Pantau Pendatang dari Zona Merah

Jawa Timur

Untuk cegah penyebaran virus corona atau Covid-19

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.