Gubernur Jatim bersama Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, Kapolri. (foto: dokumentasi)

Pakde Karwo Pastikan Pemprov Jatim Siap Amankan Mudik Lebaran 2018

10 Jun 2018 23:30

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengatakan pemerintah Jatim sendiri telah siap menyambut dan mengamankan mudik lebaran 2018. Kesiapan dalam menyambut mudik, kata Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur dapat terwujud berkat koordinasi yang baik antar sektor seperti kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, dan Pertamina.

Bagi Pakde hal itu dapat terlihat dari pantauan Pospam Mengkreng yang tidak terjadi kemacetan di sekitar daerah tersebut. "Demikian pula, Pospam Banyuwangi yang melaporkan lalu lintas lancar, disertai dengan kondisi penyeberangan dari dua arah lancar dan belum terlihat peningkatan arus kendaraan," kata Pakde Karwo saat mengunjungi Rest Area Jalan Tol Ngawi km 575, Mantingan Ngawi, Minggu 10 Juni sore.

Dalam peninjauan kali ini Pakde tak sendirian, ia juga mendampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyampaikan apresiasinya kepada Pakde Karwo yang dengan baik melakukan kesiapan arus mudik dan balik lebaran tahun 2018 bersama jajaran Polda Jatim dan Kodam V/Brawijaya, yang tahun ini ditambah dengan kesiapan mengantisipasi terorisme.

"Tahun lalu Jatim satu-satunya yang mengalami deflasi. Tahun ini Jatim juga kembali mengalami deflasi," pujinya.

Masih terkait kesiapan menghadapi arus mudik lebaran tahun 2018, Kapolda Jatim menjelaskan, dalam Operasi Ketupat Semeru 2018, pihaknya telah menurunkan sebanyak 17.804 personil terdiri dari Polri 10.571 personil, TNI dan instansi terkait lebih dari 7.000 personil. Selain itu, juga telah disiapkan sebanyak 211 pos pengamanan (pospam) dan 39 pos pelayanan.

Jalan Tol Fungsional terkait infrastruktur jalan tol trans Jawa di Jatim, Kapolda Jatim melaporkan, jalan tol ini selama lebaran tahun 2018 tercatat sepanjang 97,16 Km, dengan 80,45 km merupakan jalan tol trans Jawa dan 16,71 Km jalan tol non trans Jawa.

Untuk Jalan tol trans Jawa, lanjutnya, jalan fungsional meliputi jalan tol Mantingan-Ngawi sepanjang 34,20 Km, jalan tol Wilangan-Kertosono sepanjang 38,75 Km. Demikian pula, jalan fungsional trans Jawa, yakni jalan tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 IC Rembang-IC Pasuruan sepanjang 6,60 Km.

Sedangkan untuk jalan tol non trans Jawa meliputi jalan tol Gempol-Pandaan Tahap II sepanjang 1,56 Km dan Jalan Tol Pandaan-Malang sepanjang 15,15 Km.