Pakde Karwo: Kodam V Brawijaya Beri Sumbangan Besar Terciptanya Keamanan di Jatim

19 Dec 2017 01:35 ngopibareng di Grahadi

Keberadaan Kodam V Brawijaya terbukti telah memberi sumbangan besar atas terciptanya keamanan di Jawa Timur. Hal ini terlihat dari selalu hadirnya prajurit TNI mendampingi POLRI yang aktif meredam potensi kerusuhan dengan aksi simpatik saat terjadinya aksi unjuk rasa.

Hal itu disampaikan Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo) pada acara syukuran dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-72 dan HUT ke-69 Kodam V Brawijaya  di GOR Kodam V Brawijaya, Jl. Hayam Wuruk, Surabaya, Senin, 18 Desember 2017 pagi.

Pakde Karwo mengatakan, berkat peran Kodam V Brawijaya maka Jatim bisa menjadi provinsi yang aman dan nyaman dengan pertumbuhan ekonomi inklusif secara nasional. Rasa aman dan nyaman ini menjadi penting karena merupakan dasar awal dalam membangun bangsa. “Perlu kita ketahui bahwa dalam konsep segitiga besi utamanya yakni kondisi aman dan nyaman, kemudian pertumbuhan dan pembangunan meningkat, baru kesejahteraan rakyat bisa meningkat,” ujarnya.

Dijelaskan, Kodam V Brawijaya memiliki sejarah besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia sehingga keberadaannya sangat diperhitungkan di tingkat nasional. Karena itu, sumbangan Kodam V Brawijaya juga memberi dukungan atas kondusifitas di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan daerah lainnya.

 “Jatim merupakan hub Indonesia bagian timur, maka Pangdam V Brawijaya di Jatim juga merupakan Pangdam di Indonesia Timur,” kata Pakde Karwo.

Terkait program peningkatan kesejahteraan masyarakat oleh TNI, Pakde Karwo memberikan apresiasi  atas program yang telah diimplementasikan. Program itu diantaranya pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), serta pembangunan pertanian melalui Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T). Ke depan lanjutnya, program yang baik ini akan terus dipertahankan.

Gubernur Jatim Soekarwo Pakde Karwo menghadiri acara syukuran dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke72 dan HUT ke69 Kodam V Brawijaya  di GOR Kodam V Brawijaya Jl Hayam Wuruk Surabaya Senin 18 Desember 2017 pagi Foto Humas Pemprov
Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo) menghadiri acara syukuran dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-72 dan HUT ke-69 Kodam V Brawijaya di GOR Kodam V Brawijaya, Jl. Hayam Wuruk, Surabaya, Senin, 18 Desember 2017 pagi. (Foto: Humas Pemprov)

 “Saat ini kita sudah bisa lihat hasilnya bahwa kedua program ini berperan besar dalam mengurangi angka kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi ke arah positif,” ungkap Pakde Karwo.

Pada kesempatan sama, Pakde Karwo mengajak semua pihak untuk meneladani kekompakan tiga pilar plus yang tercipta di Jatim. Menurutnya, sebesar apapun potensi suatu daerah namun jika pemimpinnya tidak kompak maka pembangunan tidak akan maksimal. Di samping itu, kedekatan TNI dengan rakyat merupakan contoh kekompakan yang harus terus dilestarikan untuk mempertahankan kedaulatan negara.

“Mewakili pemerintah dan masyarakat Jatim saya mengucapkan terimakasih dan dirgahayu Kodam V Brawijaya, semoga terus  berjaya dan kemanunggalannya dengan rakyat makin kuat,” pungkasnya.

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman mengatakan, peringatan HUT Kodam V Brawijaya ini merupakan momentum bagi seluruh prajurit untuk meneruskan perjuangan para pahlawan. Oleh sebab itu, seluruh prajurit diharapkan bisa bekerja lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Lewat kegiatan ini mari kita pererat tali silaturahim antar sesama prajurit, sehingga bisa menjadi prajurit bhirawa anoraga yang tetap rendah hati,” ujarnya.

Senada dengan yang disampaikan Pakde Karwo, Mayjend TNI Arif Rahman mengatakan bahwa keberadaan tiga pilar plus sangat berperan dalam terciptanya keamanan yang kondusif di Jatim. Selain itu, pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Jatim yang terus bersinergi dengan TNI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Semoga tuhan selalu memberi petunjuk pada kita semua dalam bertugas, dan Kodam V Brawijaya makin jaya serta makin dekat dengan rakyat,” harapnya.

Turut hadir Kapolda Jatim Irjen Pol Mahcfud Arifin, Prajurit TNI di jajaran Kodam V Brawijaya, Panglima Komando Utama TNI di Jatim, serta anggota Forkopimda Jatim. (frd)

Reporter/Penulis : Farid Rahman


Bagikan artikel ini