Pakar Politik Universitas Brawijaya, Malang, Wawan Sobari ketika ditemui di gedung FISIP UB (Theo/ngopibareng.id)
Pakar Politik Universitas Brawijaya, Malang, Wawan Sobari ketika ditemui di gedung FISIP UB (Theo/ngopibareng.id)

Pakar Politik UB Sebut Sosok Bupati Malang Bisa Contoh Azwar Anas

Ngopibareng.id Pilkada 02 January 2020 21:39 WIB

Pakar politik dari Universitas Brawijaya (UB) Wawan Sobari mengatakan sosok calon Bupati yang akan bertarung pada Pilkada serentak 2020 nanti, harus mencontoh sosok Bupati Banyuwangi, Azwar Anas.

Menurutnya Kabupaten Malang saat ini sangat butuh sosok yang berani berkreativitas dalam bidang pariwisata. Terutama melihat potensi pariwisata baik laut, gunung, air terjun, waduk, budaya, tradisi, maupun pariwisata lain di Kabupaten Malang.

"Kabupaten Malang butuh sosok seperti Bupati Banyuwangi. Dulu Banyuwangi dikenal dengan mitos bahkan kawasan santet. Tapi pemimpinnya berhasil menggali potensi pariwisata dan merubah stigma itu," ujar pria lulusan doktor ilmu politik Flinders University of South Australia tersebut pada Kamis 2 Januari 2020.

Wawan mengatakan banyak sekali potensi adat dan budaya yang bisa dikembangkan di daerah Kabupaten Malang. Ini juga bersamaan dengan potensi alam yang mereka miliki. Sehingga saat wisatawan masuk, dapat terjadi transaksi.

"Sebut saja Desan Gondowangi di Wagir yang mengadakan Festival Kampung Dilem atau pentas wayang krucilnya. Ini kita butuh pemimpin yang sensitif sama potensi seperti ini," lanjutnya.

Wawan juga menjelaskan bahwa pembangunan tol Malang-Pandaan yang bakal memanjang sampai Kepanjen. Bisa menjadi kunci bahwa beberapa tahun lagi laju mobilitas ke Kabupaten Malang akan meningkat dan harus dimanfaatkan.

"Problemnya di Kabupaten Malang tanahnya mahal kan. Nah gimana caranya pemerintah itu menyediakan lahan untuk sentra industri atau sentra kuliner. Dibarengi promosi pariwisatanya," imbuhnya.

Untuk diketahui dinamika konstestasi Pemilihan Bupati (Pilbup) Malang 2020, bursa calon masih berkutat di antara inkumben Muhammad Sanusi dan Sri Untari dari PDI-P.

Seperti diberitakan oleh ngopibareng.id sebelumnya Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Malang, belum menentukan sikap apakah mengusung calon sendiri atau memilih untuk berkoalisi.

Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto, memang mengatakan partainya sendiri masih wait and see jelang Pemilihan Bupati 2020 nanti.

Didik mengatakan dalam politik semua bisa saja terjadi. Tak terkecuali untuk mengusung inkumben Bupati Malang, Sanusi menjadi Calon Bupati 2020.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Mar 2021 22:20 WIB

Piala Menpora, Persebaya Bertumpu pada Pemain Muda

Liga Indonesia

Persebaya sudah ditinggal 10 pemain andalan

01 Mar 2021 22:10 WIB

Sinopsis He Who Dares: Melumpuhkan Aksi Teroris

Film

Film He Who Dares akan tayang di Bioskop Trans TV.

01 Mar 2021 22:00 WIB

Eri Cahyadi Blusukan Cek Gorong-gorong, Jongkok hingga Ndlosor

Surabaya

Walikota Surabaya Eri Cahyadi pantau gorong-gorong yang tersumbat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...