Lionel Messi diyakini akan menang atas Barcelona. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)
Lionel Messi diyakini akan menang atas Barcelona. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Pakar Hukum di Spanyol Yakin Messi Akan Menang atas Barcelona

Ngopibareng.id Liga Spanyol 31 August 2020 20:05 WIB

Perselisihan antara Lionel Messi dan klub Barcelona masih berlangsung. Bahkan semakin memanas karena kedua belah pihak tetap pada pendiriannya. Terkait hal ini, seorang pakar hukum di provinsi utara Spanyol, La Rioja, berpendapat bahwa Messi akan memenangkan kasus ini.

Seperti diketahui, klub raksasa Catalan itu masih bersikeras bahwa Messi harus membayar klausul pembebasannya jika ingin meninggalkan Barcelona. Sementara Messi mengklaim kontraknya dengan klub memungkinkan dia pergi dengan biaya nol.

Seorang professor hukum dari Universitas La Rioja (UNIR) dan anggota Pengadilan Arbitrase La Rioja, Juan Ramon Liebana, percaya bahwa megabintang asal Argentina itu benar di hadapan hukum.

Barcelona sendiri menyatakan bahwa ada batas waktu 10 Juni bagi Messi untuk menggunakan hak penghentian kontrak secara sepihak, tetapi karena La Pulga tak menggunakannya, klub menganggap kontrak pemain tersebut secara otomatis diperpanjang hingga 30 Juni 2021.

Sedangkan pengacara Messi bersandar pada fakta bahwa pandemi Covid-19 menunda semua kompetisi, sehingga periode penghentian mengikuti dengan selesainya kompetisi.

“Itu untuk transfer dan bukan untuk membatalkan kontrak,” ujar Liebana terkait tenggat 10 Juni dalam klausul kontrak Messi kepada EFE, dikutip dari Marca.

Menurut Liebana, jika kontrak itu menyebutkan secara spesifik di tanggal itu adalah batas pemutusan kontrak secara sepihak, Barcelona akan berada di pihak yang benar, tetapi jika tidak, Messi yang akan menang.

“Karena itu akan memasuki ranah interpretasi, di mana Leo Messi akan menang karena berbagai alasan,” tuturnya.

Pengacara Leo Messi ingat bahwa kompetisi terakhir yang dimainkan Blaugrana, Liga Champions, selesai pada 23 Agustus 2020, jadi ia memastikan bahwa mereka berada dalam waktu untuk melaksanakan periode pemutusan kontrak secara sepihak.

Liebana yakin bahwa klausul dalam kontrak Messi tidak secara eksplisit menyebutkan tanggal kadaluwarsa tertentu, melainkan dalam periode X hari yang akan menguntungkan pemain Argentina itu.

Lebih lanjut, Liebana mengindikasikan bahwa dalam situasi seperti itu, Pasal 1281 KUH Perdata Spanyol harus diterapkan, yang menetapkan bahwa "jika kata-kata dalam kontrak tampak bertentangan dengan maksud yang jelas dari pihak-pihak terkait, maksud dari pihak yang bersangkutan, di bawah kontrak berlaku," ujar Liebana.

"Jika akun yang ditawarkan oleh pengacara Leo Messi, di mana mereka menyatakan bahwa niat kedua belah pihak adalah memberikan margin tertentu dari akhir Liga Champions untuk memutuskan (masa depannya) adalah benar, pemain Argentina itu benar dalam masalah ini," terang Liebana.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Jan 2021 01:30 WIB

Usai Seret Istri di Kap Mobil, Wakil Ketua DPRD Sulut Minta Maaf

Nasional

Wakil Ketua DPRD Sulut minta maaf.

28 Jan 2021 01:13 WIB

Kasus Kematian Rapper Iron Ditutup, Keluarga Tolak Otopsi

ngopiK-pop

Keluarga tolak otopsi jenazah rapper Iron.

28 Jan 2021 00:35 WIB

Diduga Selingkuh, Wakil Ketua DPRD Sulut Dicopot dari Jabatan

Politik

Usai dihadang istri di kap mobil, Wakil DPRD Sulut dicopot dari jabatan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...