Papa Bouba Diop saat masih membela Timnas Senegal. (Foto: Actufoot)
Papa Bouba Diop saat masih membela Timnas Senegal. (Foto: Actufoot)

Pahlawan Senegal di Piala Dunia 2002 Tutup Usia

Ngopibareng.id Dunia 30 November 2020 12:20 WIB

Pahlawan Senegal di Piala Dunia 2002, Papa Bouba Diop, tutup usia. Ia meninggal di usia 42 tahun setelah lama dirawat di rumah sakit. Kematian Diop menjadi kabar duka kedua sepak bola dunia setelah kematian legenda Argentina, Diego Armando Maradona, beberapa waktu lalu.

Momen terpenting Diop bersama Timnas Senegal terjadi ketika Senegal berhadapan dengan juara bertahan Prancis di laga pembuka Piala Dunia 2002. Kala itu, sebagai tim debutan di ajang tersebut, Senegal tak diperhitungkan.

Namun, negara dari Afrika itu membuat kejutan setelah mengalahkan Prancis 1-0 dengan seabrek bintangnya, salah satunya sang mastero Zinedine Zidane. Diop adalah pencetak gol tunggal ke gawang Prancis yang dikawal Fabien Barthez.

Kekalahan itu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan Prancis akhirnya tersisih di babak penyisihan grup. Sebuah tragedi yang sangat memalukan bagi Prancis yang diunggulkan bakal melenggang jauh di ajang itu.

Senegal sendiri akhirnya berhasil mencapai babak perempat final. Langkah mereka terhenti setelah kalah dari Turki di babak tambahan waktu.

Diop tercatat 63 kali membela Timnas Senegal di berbagai ajang. Ia mengemas 11 gol dalam kariernya bersama tim berjuluk Singa dari Teranga ini.

Diop dikenal sebagai seorang gelandang tangguh. Ia juga bermain di posisi bek tengah jika diperlukan. Diop mendapat julukan "The Wardrobe" di Premier League. Di Eropa, ia tercatat pernah bermain untuk Xamax Neuchâtel, Grasshoppers Zurich, RC Lens, FC Fulham, FC Portsmouth dan terakhir hingga 2013 untuk Birmingham City.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Jan 2021 23:45 WIB

Datangi Asrama Isolasi, Emil Apresiasi Pemkab Trenggalek

Jawa Timur

Menurut Emil, hal tersebut sangat berdampak positif.

23 Jan 2021 23:30 WIB

Akui Positif Covid, Warganet Puji Doni Monardo

Nasional

Tetap bobol meski sudah ketat protokol kesehatan

23 Jan 2021 23:05 WIB

Tiba di Sulbar, Bantuan Polda Jatim Segera Segera Didistribusikan

Jawa Timur

Bantuan itu berupa APD Covid-19, makanan, hingga keperluan bayi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...