Suasana ruang pemantauan jalani operasi bayi kembar siam asal Kendari (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Pagi Ini Bayi Kembar Siam Asal Kendari Jalani Operasi Separasi

Kesehatan 14 August 2019 09:29 WIB

Pagi ini kembar siam dari Kendari, Sulawesi Tenggara yakni, Akila Dewi Syabila Azila Dewi Sabrina. Pagi ini menjalani operasi pemisahan mereka di Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Ketua Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu, dr. Agus Harianto,SpA (K) mengatakan, ini merupakan kasus ke 99 pemisahan bayi kembar siam yang dilakukan RSUD Dr. Soetomo.

Dalam operasi ini melibatkan 70 dokter yang di antaranya terdiri dari bedah anak, anestesi, bedah plastik dan bedak toraks. Tim dokter ini akan masuk secara bergiliran sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Seperti yang terlihat pada pukul 09.00 dokter anestesi yang masuk untuk melakukan bius pada kedua bayi.

Agus Harianto menuturkan, persiapan sudah dilakukan dengan matang dan sampai malam kemarin masuk dilakukan checklist mengenai persiapan dan perlengkapan yang akan digunakan.

"Persiapan sudah dilakukan semuanya, sampai pukul 20.00 kemarin masih dilakukan checklist mengenai alat dan persiapan yang akan digunakan, kita semua sudah mempersiapkan dengan baik," ujar Agus Harianto ditemui di GBPT RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Selviana Dewi, ibu bayi kembar siam yang menyaksikan dari layar proyektor proses operasi putrinya terlihat mulutnya tak pernah berhenti membacakan doa untuk kedua putrinya yang sedang berjuang di meja operasi. 

"Perasaanya deg-degan tapi bersyukur karena akhirnya operasinya bisa dijalankan," kata Selviana Dewi. 

Ia juga berharap, kedua putrinya selamat dan bisa kembali ke pangkuannya dengan kondisi yang lebih baik. "Semoga operasinya lancar, anak saya selamat dua-duanya. Dan saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada dokter Agus dan tim," harapnya. 

Sebagai informasi, operasi bayi kembar siam ke 99 di RSUD Dr. Soetomo ini dipantau langsung oleh Agus Harianto dan dokter ahli lainnya beserta keluarga dan melihat proses demi prosesnya lewat layar proyektor. Saat ini dokter bedah anak yang sedang berada di ruangan operasi. 

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jun 2020 14:35 WIB

Hoax Kabar Menipisnya Stok APD di RSUD Dr. Soetomo

Surabaya

Akun Twitter @kurawa menyebut soal menipisnya APD di RSUD Dr. Soetomo.

24 Jun 2020 18:02 WIB

Ketika Bertugas, Dokter PPDS RSUD Dr Soetomo Juga Gunakan APD

Jawa Timur

Kedisiplinan pemakaian APD menjadi perhatian

21 Jun 2020 11:04 WIB

Pemkot Surabaya Lakukan Tracing 22 Dokter Residen Positif Covid

Surabaya

Pemkot Surabaya membantu tracing eksternal.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...