Busana batik dengan warna hitam yang diprediksi di tahun 2020 (Foto : istimewa)

Padukan Batik Dengan Warna Hitam, Desainer Alben Bertahan di 2020

Inovasi 03 December 2019 20:14 WIB

Desainer dunia memprediksi bahwa tren warna di tahun 2020 adalah warna-warna lavender. Tapi, bagi desainer Alben Ayub Andal warna-warna lavender tidak lagi berlaku. Ia ingin membuat tren tersendiri di tahun 2020 dengan mempertahankan warna gelap.

Ditemui di acara Etnura Fashion Indonesia, Selasa, 3 Desember 2019. Alben memamerkan busana dengan tema Mistery of The Darkness.

"Busana yang ditampilkan saat ini berwarna hitam berpadu dengan batik Pamekasan yang senada menjadi ciri khasnya. Dengan lima item dalam satu busana," ujar desainer yang akrab disapa Alben.

Pemilihan warna hitam bukan tanpa alasan. Menurut Alben, warna hitam akan tetap digemari sepanjang tahun karena kerap dipilih untuk menutupi lekuk tubuh yang berlebihan.

"Jadi saya rasa warna hitam masih akan tetap bertahan di tahun 2020," katanya.

Untuk busana kali ini, Alben ingin menciptakan busana dengan suasana romantis.

"Romantic di sini maksudnya, busananya terlihat anggun dan bervolume. Ketika dikenakan, tampak nyaman dan menciptakan feel jatuh cinta," kata Alben.

Alben mengungkapkan, alasannya memilih batik Pamekasan karena dinilai memiliki motif yang lebih pop, sehingga cocok dikenakan oleh berbagai usia apalagi anak-anak muda.

Lanjut Alben, motif batik yang digunakan tidak terlalu berat. Jadi sangat cocok untuk anak muda. Karena biasanya anak muda akan sulit mengenakan batik yang motifnya terlalu rumit.

"Kain batik ini dipadukan dengan beberapa material lain, seperti tule, lace, brokat, dan segalanya. Menurutnya, material ini cocok dengan konsep busana yang romantic," ujarnya.

Untuk detailnya, ditambahkan aplikasi monte dan bordir supaya terlihat beda.

Ke depan, Alben juga masih akan megunakan batik dalam desain busananya. Hanya saja nanti akan menggunakan batik Surabaya.

 

Penulis : Pita Sari

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.